Padatnya aktivitas, mulai dari pekerjaan yang menumpuk, harus bisa membagi waktu antara teman, keluarga, dan si dia, hingga berbagai masalah personal yang kita alami tak jarang membuat kita mengalami stres. Sayangnya, kita jarang menyadarinya. Padahal stres memberi pengaruh besar pada tubuh kita lho. Seperi apa pengaruhnya? Simak penjelasannya di bawah ini!

7 Tanda Stres Telah Memengaruhi Hidupmu

Sering merasa sulit tidur walaupun sebenarnya kamu merasa sangat lelah dan mengantuk? Atau justru kamu ingin terus-menerus memejamkan mata walaupun sebenarnya kamu sudah tidur sangat lama? Ini merupakan tanda stres yang paling umum. Stres menyebabkan hyperarousal atau rasa cemas yang berlebihan dan akhirnya membuat fase mengantuk dan fase sadar menjadi tidak seimbang. Ini menyebabkan siklus yang berujung pada keadaan stres yang lebih parah.

7 Tanda Stres Telah Memengaruhi Hidupmu

Saat stes, kortisol yang merupakan hormon stres, menekan sel imun yang ada dalam tubuh. Artinya, kemampuan tubuh untuk melawab berbagai kuman, virus, dan bakteri semakin menurun. Menurut sebuah penelitian, sesorang yang sering mengalami lebih sering terkena berbagai macam penyakit.

7 Tanda Stres Telah Memengaruhi Hidupmu

Rasa cemas dan depresi sering kali dihubungkan dengan tingkat stres yang tinggi. Saat stres sudah semakin kronis, kortisol akan memengaruhi aktivitas di hippocampus (salah satu bagian otak) yang menyebabkan kita susah mengingat dan meningkatkan aktivitas di amygdala​ yang membuat kita mudah merasa panik.

7 Tanda Stres Telah Memengaruhi Hidupmu

Hormon stres, kortisol, juga akan memengaruhi kondisi kulit. Eksim, jerawat, rosacea, dan psoriasis adalah beberapa masalah kulit yang dapat timbul ketika kita mengalami stres.

7 Tanda Stres Telah Memengaruhi Hidupmu

Otak serta sistem pencernaan kita dihubungkan oleh saraf vagus. Jadi saat otak mengalami tekanan, yaitu stres, sistem pencernaan akan ikut terganggu. Stres akan mengganggu bakteri baik yang ada pada usus yang membuat pencernaan terhambat. Untuk mengatasinya, konsumsilah yoghurt yang memiliki bakteri baik yang bagus untuk tubuh.

7 Tanda Stres Telah Memengaruhi Hidupmu

Stres juga menyebabkan tubuh mengalami kondisi autoimun dimana kekebalan tubuh yang harusnya menyerang organisme atau zat-zat asing yang membahayakan tubuh justru membahayakan jaringan tubuh itu sendiri.

7 Tanda Stres Telah Memengaruhi Hidupmu

Stres tidak hanya memengaruhi sistem pencernaan, tapi juga memberi dampak yang kurang baik pada usus sehingga tubuh bisa mengalami intoleransi makanan.

Itu tadi tujuh tanda bagaimana stres bisa memengaruhi kesehatan tubuhmu. Semoga artikelnya bermanfaat!

BACA JUGA: Lakukan 7 Hal Ini di Rumah Untuk Meredakan Stres Setelah Rutinitas Penuh Tekanan​