Tubuh yang sehat tentunya menjadi impian semua orang. Namun, gaya hidup yang tidak sehat dan asupan gizi yang kurang seimbang kadang menyebabkan keadaan tubuh jadi menurun. Salah satunya adalah kadar gula darah yang tinggi. Hal ini tentunya bisa berakibat buruk, terutama bagi penderita diabetes. Lalu, apa saja yang menjadi penyebab gula darah tinggi? Simak penjelasannya di bawah ini yuk!

1. Mengonsumsi pemanis buatan

Nggak Nyangka, Ini 7 Hal yang Menjadi Penyebab Gula Darah Tinggivox.com

JIka kamu termasuk salah satu yang suka dengan minuman kemasan, ada baiknya kamu mulai membatasi asupannya mulai dari sekarang. Pasalnya, walaupun memiliki label sugar free dan mengandung nol kalori, minuman ini memiliki kandungan pemanis buatan yang tinggi yang justru dapat membuat kadar gula darah dalam tubuh menjadi tinggi. 

2. Sedang dalam keadaan sakit

Nggak Nyangka, Ini 7 Hal yang Menjadi Penyebab Gula Darah Tinggirefinery29.com

Keadaan tubuh yang sedang kurang fit juga bisa menjadi penyebab gula darah yang tinggi. Saat sakit tubuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh dimana hal ini dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

3. Mengonsumsi kafein

Nggak Nyangka, Ini 7 Hal yang Menjadi Penyebab Gula Darah Tinggitime.com

Meminum kopi di sore hari memang sangat ampuh untuk menangkal rasa kantuk yang menyerang. Namun, tahukah kamu ini juga bisa menjadi salah satu penyebab gula darah tinggi dalam tubuh.

4. Sedang meminum obat

Nggak Nyangka, Ini 7 Hal yang Menjadi Penyebab Gula Darah Tinggirefinery29.com

Mengonsumsi beberapa jenis obat-obatan seperti obat anti-depresan atau steroid ternyata memiliki efek samping yang dapat memengaruhi kadar gula darah. Oleh karena itu untuk para penderita diabetes ada baiknya memerhatikan asupan obat yang diminum agar kadar gula darahnya tetap terjaga.

5. Kurang tidur

Nggak Nyangka, Ini 7 Hal yang Menjadi Penyebab Gula Darah Tinggirefinery29.com

Sering begadang karena mengerjakan tugas atau justru selalu mengalami insomnia ketika sudah malam hari? Hat-hati ya, Bela. Hal ini juga dapat menyebabkan gula darah menjadi tinggi lho. Menurut penelitian, orang yang hanya memiliki waktu tidur selama empat jam memiliki kadar insulin yang cukup rendah. Inilah yang membuat kadar gula dalam darah dapat meningkat secara drastis.

6. Tubuh dalam keadaan dehidrasi

Nggak Nyangka, Ini 7 Hal yang Menjadi Penyebab Gula Darah Tinggirefinery29.com

Kurangnya cairan dalam tubuh atau dehidrasi juga bahaya lho. Bukan hanya membuat kamu merasa lemas dan sulit beerkonsentrasi, dehidrasi juga bisa jadi penyebab gula darah tinggi. Ini karena saat tubuh dehidrasi cairan atau darah menjadi mengental. Jadi, pastikan untuk meminum air putih sebanyak 8 gelas per hari.

7. Tidak sarapan

Nggak Nyangka, Ini 7 Hal yang Menjadi Penyebab Gula Darah Tinggirefinery29.com

Masih sering malas sarapan? Sebaiknya hentikan kebiasaan ini ya, Bela. Selain dapat membuat berat badan naik karena porsi makan siang biasanya akan jadi lebih banyak, melewatkan sarapan juga menyebabkan gula darah menjadi tinggi. 

Hal ini disebabkan karena sel beta pankreas yang menghasilkan insulin tidak bekerja dengan maksimal. Hasilnya, kadar gula darah pun meningkat. Oleh karena itu, jangan pernah melewatkan sarapan ya, Bela. Pilihlah menu yang kaya akan potein dan lemak sehat agar kadar gula darah tetap normal.

Nah, itu tadi penyebab gula darah menjadi tinggi. Semoga artikelnya bermanfaat ya!