Bela, apa yang  terlintas di pikiranmu ketika mendengar atau membaca kata bipolar? Apakah itu penyakit jiwa? Atau justru deretan nama artis yang pernah mengidap penyakit tersebut seperti Dolores O'Riordan, vokalis The Cranberries? Sebenarnya, apa sih penyakit bipolar itu? Lalu, apakah penyakit ini berbahaya bagi kesehatan atau tidak? Coba simak pengertian, gejala dan cara mengatasi penyakit bipolar di bawah ini yuk!

1. Apa itu bipolar?

Mengenal Bipolar, Penyakit Mental yang Nggak Boleh Dianggap Sepeletheodysseyonline.com

Gangguan bipolar merupakan gangguan mental yang menyerang kondisi psikis seseorang. Keadaan ini ditandai dengan perubahan suasana hati atau mood yang sangat ekstrem berupa mania dan depresi. Oleh karena itu, istilah medis sebelumnya menyebutnya dengan manic depressive. Ini menandakan suasana hati penderita yang dapat berganti secara tiba-tiba antara dua kutub (bipolar) yang berlawanan.

Penderita bipolar bisa merasa sangat senang atau antusias dan bersemangat (mania.). Namun, ketika sedang merasa sedih atau down, penderita bipolar bisa merasa sangat putus asa, depresi, bahkan terkadang memiliki keinginan untuk bunuh diri. Jadi, penderita bipolar bisa merasa sangat senang lalu sedih tanpa pola atau waktu yang pasti.

2. Lalu, apa saja gejalanya?

Mengenal Bipolar, Penyakit Mental yang Nggak Boleh Dianggap Sepelehealth.com

Pada saat berada di fase mania, suasana hati penderita bipolar akan naik secara signikan. Penderita bipolar pun akan merasa sangat gembira dan bersemangat, walaupun kurang tidur dan kurang makan. Selain itu, penderita bipolar juga cenderung berbicara dengan cepat, memiliki banyak ide yang rumit, dan terkadang menunjukkan perilaku sembrono seperti menghabiskan uang untuk membeli barang mahal, mengundurkan diri dari pekerjaan tanpa alasan yang jelas, dan sebagainya.

Sedangkan ketika berada dalam fase depresi, penderita bipolar tidak mampu merasakan sukacita atau rasa bahagia. Penderita bipolar juga kerap merasa putus asa, murung, selalu merasa lelah dan lesu, serta sering memikirkan tentang bunuh diri.

3. Bagaimana cara menanganinya?

Mengenal Bipolar, Penyakit Mental yang Nggak Boleh Dianggap Sepelehealth.com

Selain mengonsumsi obat-obatan seperti antikonvulsan, lithium, antidepresan, benzodiazepine, dan antipsikotik, penderita bipolar juga dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter atau psikiater. Selain itu, dukungan dari orang terdekat juga akan membantu kesembuhan penderita bipolar. 

Itulah informasi mengenai penyakit bipolar beserta gejala dan cara mengatasinya. Semoga artikelnya bermanfaat, Bela.

Baca Juga: Waspada, Ini Gejala Gangguan Bipolar yang Perlu Kamu Pahami