Tidur sudah menjadi kebutuhan utama manusia. Dengan tidur, tubuh akan kembali berenergi dan regenerasi sel pun akan terjadi. Nah, agar kamu mendapatkan tidur yang berkualitas, coba simak mitos tentang tidur di bawah ini yuk!

Ini 7 Mitos Mengenai Tidur yang Perlu Kamu Ketahui

Buat beberapa orang, alkohol mungkin bisa jadi obat tidur yang baik. Namun, minuman beralkohol seperti anggur mencegah tubuh untuk memproduksi melatonin yang merupakan zat penting untuk tidur berkualitas. 

Ini 7 Mitos Mengenai Tidur yang Perlu Kamu Ketahui

Sering begadang saat weekdays dan merasa hal tersebut akan terbayar jika tidur seharian di kala weekend? Nyatanya, hal ini tidak terbukti lho. Tidur selama satu atau dua hari tidak akan mengganti sleep depriviation atau kurangnya waktu tidur selama beberapa hari sebelumnya. Jadi ada baiknya, gunakanlah waktu tidur yang teratur setiap harinya, baik saat weekdays maupun weekend.

Ini 7 Mitos Mengenai Tidur yang Perlu Kamu Ketahui

Menyesap secangkir kopi di siang hari memang nikmat. Tapi, tahukah kamu, hal ini bisa membuat kamu terjaga semalaman lho, apalagi jika kamu tidak terbiasa meminum kopi. Ini karena dibutuhkan waktu hingga tujuh jam untuk memecah zat kafein dalam tubuh. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mengganti kopimu dengan teh atau jus buah yang jauh lebih sehat.

Ini 7 Mitos Mengenai Tidur yang Perlu Kamu Ketahui

Walaupun dapat menimbulkan rasa kantuk, mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi nyatanya tidak baik bagi tubuh karena dapat merusak kualitas tidur. Selain itu makan makanan berat sebelum tidur dapat meningkatkan suhu tubuh dan mengganggu sistem pencernaan.

Ini 7 Mitos Mengenai Tidur yang Perlu Kamu Ketahui

Mendengkur mungkin merupakan hal umum untuk sebagian besar orang. Tapi nyatanya mendengkur bisa menjadi salah satu gejala dari obstructive sleep apnea (OSA). OSA bisa mengganggu sistem pernapasan saat tidur sehingga membuat kamu terbangun mendadak. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya penyakit diabetes, meningkatkan tekanan darah tinggi serta risiko terkena penyakit jantung.

Ini 7 Mitos Mengenai Tidur yang Perlu Kamu Ketahui

Kamu pastinya sudah sering mendengar atau membaca kalau waktu tidur yang baik adalah minimal delapan jam per hari. Nyatanya, hal ini nggak berlaku untuk semua orang lho. Ada beberapa orang yang cukup hanya tidur dengan waktu enam jam saja. Dan hal ini sebenarnya tidak masalah. Namun, ada juga orang yang butuh waktu tidur hingga sembilan jam per harinya. Jadi, coba temukan sendiri waktu tidur yang terbaik untukmu yah.

Ini 7 Mitos Mengenai Tidur yang Perlu Kamu Ketahui

Faktanya, yang benar justru adalah kebalikannya. Menurut National Sleep Foundation, temperatur yang ideal untuk tidur adalah antara 54-74 derajat fahrenheit atau sekitar 24 derajat celcius. Temperatur ini membuat suhu tubuh menurun dan sikulus tidur pun dapat dimulai dengan lebih mudah.

Itu tadi tujuh mitos mengenai tidur yang perlu kamu tahu. Mana yang masih kamu percaya?

BACA JUGA: 5 Tips untuk Mengatasi Rasa Ngantuk dan Lelah Saat Bangun Tidur