Organ intim wanita atau biasa disebut dengan miss V tentunya menjadi salah satu bagian tubuh yang perlu diperhatikan dan dirawat dengan baik dan benar. Untuk itu, penting bagi kamu untuk mengetahui bagaimana cara membersihkannya agar organ intimmu senantiasa bersih dan harum.

Selain cara membersihkan, ternyata makanan juga memiliki dampak pada vagina lho. Buat kamu yang ingin menjadi miss V jadi lebih sehat, wangi, dan tetap terawat, berikut tujuh makanan yang bisa kamu konsumsi. Keep scrolling!

1. Yoghurt

7 Makanan Ini untuk Organ Intim yang Lebih Sehatpinterest.com

Seperti yang sudah diketahui, yoghurt memiliki bakteri yang baik bagi kesehatan. Nah, bakteri baik ini akan menjaga kadar pH di sekitar organ intim tetap seimbang. Tapi, agar kadar gula dalam darah tidak melonjak, pastikan kamu memilih yoghurt tawar yang bisa dicampur dengan buah-buahan atau madu untuk menambah rasa.

2. Alpukat

7 Makanan Ini untuk Organ Intim yang Lebih Sehatcontainerstore.com

Alpukat mengandung lemak sehat yang dapat melindungi dinding vagina dan meningkatkan lubrikasi dan fungsi seksual. Selain itu, buah yang satu ini juga dapat meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh.

3. Ubi

7 Makanan Ini untuk Organ Intim yang Lebih Sehatbenowhealthy.com

Ubi memiliki banyak sekali manfaat, terutama untuk para perempuan yang sedang berusaha untuk hamil. Kandungan beta-karoten dan vitamin A dalam ubi memproduksi hormon yang dapat berfungsi sebagai pelumas untuk organ intim. Ubi juga dikenal memiliki manfaat yang baik untuk organ reproduksi baik bagi perempuan maupun pria.

4. Berries

7 Makanan Ini untuk Organ Intim yang Lebih Sehatmodernfarmer.com

Buah-buahan berries seperti stroberi, blueberry, dan cranberry dikenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Stroberi mengandung banyak vitamin yang baik bagi kelenjar adrenalmu. Sedangkan cranberry dapat mengatasi infeksi saluran kemih. Pastikan kamu mengonsumsi buah asli dan bukan jus dalam kemasan yah.

5. Kedelai

7 Makanan Ini untuk Organ Intim yang Lebih Sehatmedicalnewstoday.com

Kekeringan pada miss V terjadi karena rendahnya hormon estrogen yang disebabkan oleh menopause, melahirkan, menyusui, dan penggunaan obat-obatan. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi makanan berbahan kedelai. Kedelai mengandung isoflavin yang dapat menyerap air ke dalam tubuh. Selain itu, kedelai juga memiliki phytoestrogen yang berfungsi sebagai pelumas organ intim.

6. Salmon

7 Makanan Ini untuk Organ Intim yang Lebih Sehatgetfish.com

Jika kamu sering mengalami kram perut saat sedang menstruasi, itu artinya kamu harus banyak mengonsumsi ikan. Ikan, seperti salmon mislanya, mengandung omega-3 yang tinggi yang baik untuk aliran darah sehingga kram perut dapat berkurang. Selain itu, omega-3 ini juga bisa mengurangi kekeringan pada organ intim.

7. Apel

7 Makanan Ini untuk Organ Intim yang Lebih Sehatyoutube.com

An apple a day keeps the doctor away. Ungkapan ini memang ada benarnya. Dengan rajin mengonsumsi apel, maka lubrikasi organ intim pun akan meningkat. Ini karena apel mengandung phloridzin, kandungan yang mirip dengan hormon seks wanita yang disebut ekstradiol yang berperan besar dalam meningkatkan gairah seksual.

Untuk kamu yang ingin merawat miss V, pastikan konsumsi tujuh makanan di atas yah, Bela! Semoga artikelnya bermanfaat!

BACA JUGA: 7 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Saat Membersihkan Vagina​