Menopause merupakan hal yang pasti akan dialami oleh wanita manapun. Proses ini merupakan proses berhentinya menstruasi dan berhentinya ovarium menghasilkan sel ovum. Meski begitu nyatanya menopause dini bisa terjadi pada wanita mana saja.

Normalnya wanita akan mengalami menopause pada umur 50an, namun menopause dini biasanya terjadi pada umur 30-an. Waspadai ya, inilah lima penyebab menopause dini pada wanita!

1. Rokok

Hati-hati, Ini 5 Penyebab Terjadinya Menopause Dini Pada Wanita!wallpaperup.com

Seperti yang kita tahu bila rokok mengandung banyak racun seperti tar, karbon monoksida dan lainnya yang bisa merusak kesehatan. Tak hanya mengganggu paru-paru, nyatanya rokok pun mengganggu organ serta hormon reproduksi wanita sehingga menopause dini pun bisa terjadi. Bila kesehatan organ reproduksi menurun tentunya menopause di usia muda pun bisa terjadi.

2. Genetik

Hati-hati, Ini 5 Penyebab Terjadinya Menopause Dini Pada Wanita!shutterstock.co

Faktor genetik pastinya amat sangat mempengaruhi kapan kamu akan mengalami menopause. Cobalah tanyakan kepada ibu atau nenekmu misalnya kapan mereka mengalami menopause. Jika nyatanya mereka mengalami menopause dini, maka kemungkinan kamu pun bisa mengalaminya.

3. Gangguan pada kelenjar tiroid

Hati-hati, Ini 5 Penyebab Terjadinya Menopause Dini Pada Wanita!medicalnewstoday.com

Gangguan kelenjar tiroid merupakan penyakit autoimun yang jarang terjadi. Namun ketika seorang wanita memiliki penyakit ini maka dia pun akan mengalami menopause dini. Hal ini karena penyakit ini mengganggu siklus menstruasi seorang wanita hingga akhirnya kemungkinan menopause di usia muda pun bisa terjadi. Belum lagi penggunaan obat-obatan seumur hidup, pastinya obat-obatan ini akan mempengaruhi kesehatan organ reproduksi dan risiko menopause dini pun bisa terjadi.

4. Operasi

Hati-hati, Ini 5 Penyebab Terjadinya Menopause Dini Pada Wanita!bustle.com

Menopause dini pun pasti dialami oleh para wanita yang sudah menjalani operasi atas penyakit berat yang dideritanya. Sebut saja berbagai operasi seperti pengangkatan rahim, operasi serviks dan operasi pengangkatan panggul bisa menyebabkan menopause menjadi lebih dini. Hal ini karena operasi tersebut jelas mengganggu kesehatan sistem reproduksi seorang wanita.

5. Kemoterapi

Hati-hati, Ini 5 Penyebab Terjadinya Menopause Dini Pada Wanita!breasthealthandhealing.org

Seorang wanita yang memiliki penyakit parah seperti kanker dan harus menghabiskan dirinya untuk menjalani kemoterapi akan mengalami menopause dini. Hal ini karena radiasi dari alat kemoterapi ikut mempengaruhi keseimbangan dua hormon reproduksi yaitu hormon estrogen dan progesteron. Jika kedua hormon itu sudah terganggu maka kesehatan sistem reproduksi tidak berjalan dengan baik dan menopause pun bisa terjadi.

Yuk tetap lakukan aktivitas gaya hidup sehat agar menopause dini tidak terjadi pada kita!

Disclaimer: Artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "Hati-hati, Ini 5 Penyebab Terjadinya Menopause Dini Pada Wanita!"

Baca Juga: Nggak Boleh Asal, Kenali Juga Efek Samping Operasi Plastik