Bela, jika membahas perkara haid memang bikin hati cemas apalagi jika disertai dengan gejala-gejala yang tidak biasa. Memang untuk mengetahui lebih normal atau tidaknya haid yang kamu alami bisa dikonsultasikan langsung dengan dokter.

Namun, kamu bisa mengenalinya terlebih dahulu dengan 3 tanda-tanda haid secara umum yang mungkin tidak normal. Simak di sini selengkapnya

Hati-hati! Ini 3 Tanda Haid Kamu Nggak Normal
 
Nyeri haid merupakan hal yang normal dialami perempuan menjelang atau saat sedang haid. Jika nyeri yang kamu rasakan sangat parah sampai susah bangun dari tempat tidur, sebaiknya kamu berkonsultasi ke dokter. Salah satu gejala haid yang tak normal adalah nyeri haid  yang terasa lebih parah dari biasanya. Hal ini bisa jadi indikator kamu mengalami endometriosis.
 
Hati-hati! Ini 3 Tanda Haid Kamu Nggak Normal
 

Rata-rata darah haid  berlangsung selama lima hari saja Bela, kalau darah haid keluar lebih dari seminggu. Mungkin ini saatnya kamu periksa ke dokter ya.

Hati-hati! Ini 3 Tanda Haid Kamu Nggak Normal
 

Saat kamu mengalami telat haid sampai lebih dari 90 hari, ini gejala yang tidak normal. Kecuali, jika kamu adalah seorang remaja yang baru awal-awal mengalami haid, perempuan yang baru melahirkan, sedang menyusui, atau menjelang menopause. Penyebab telat haid ini bisa bermacam-macam, seperti faktor diet, penggunaan alat kontrasepsi, atau mengalami kanker serviks.

Semoga artikel ini bermanfaat ya Bela!

BACA JUGA: Redakan Nyeri Haid dengan 4 Jenis Olahraga ini