Tahukah kamu apa itu kolagen? Kolagen adalah protein utama dalam kulit, tulang, tendon, dan jaringan ikat kita. Fungsi utama kolagen adalah mempertahankan tendon kulit serta tulang rawan, dan juga memberikan integritas, keteguhan dan elastisitas pada kulit. Sehingga membuat kulitmu tetap lentur, Bela.

Selain itu, kolagen juga membantu mengganti, dan memulihkan sel-sel kulit mati, membentuk jaringan fibrosa agar sel-sel baru bisa tumbuh. Sekarang ini kamu bisa mendapatkan kolagen dari minuman olahan yang telah mengandung kolagen, tetapi hal ini jika berlangsung terus menerus tentu tidak baik untuk kesehatan tubuhmu. Kamu nggak perlu khawatir karena Popbela akan kasih tahu ke kamu daftar makanan yang mengandung kolagen. Lihat di sini yuk!

1. Makanan yang Mengandung Vitamin A

Kamu bisa mendapatkan vitamin A dari makanan-makanan alami yang bisa ditemui sehari-hari seperti, telur, susu, hati, ubi, wortel, bayam, yogurt, paprika merah dan brokoli.

2. Buah-buahan

Dengan rutin mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, melon, kiwi, jambu biji merah, dan lemon. Ini sangat baik untuk kesehatan kulit wajahmu.

3. Makanan yang Mengandung Tembaga

Selain itu mengkonsumsi makanan seperti cokelat hitam, kacang almond, , kacang mede, jamur, kepiting, tiram, hati sapi, biji bunga matahari, gandum utuh, sayuran hijau, kentang, dan kacang-kacangan sangat kaya akan tembaga dan juga kolagen alami lho Bela.

4. Makanan yang Mengandung Alpha-Hidroxy Acids

Apa itu Alpha Hydroxy Acids? Yaitu sekelompok asam alami yang ditemukan dalam makanan, termasuk asam sitrat (ditemukan dalam buah jeruk), asam malat (ditemukan dalam apel), asam tartarat (ditemukan dalam anggur), asam glikolat (ditemukan dalam tebu), asam laktat (ditemukan dalam susu asam), dan lain-lain.

Jadi gimana Bela? Tertarik untuk mencoba makanan yang mengandung kolagen dari bahan alami ini?