Nggak cuma melalui rambut atau kuku, aroma urin yang tak sedap juga bisa menandakan kondisi tubuh lho. Cek 5 faktor yang bisa menjadi penyebab kencingmu jadi berbau aneh.

1. Kemungkinan kamu mengidap diabetes

Jangan Anggap Remeh, 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Kencingmu Bau!diabetesaustralia.com.au

Aroma manis yang dikeluarkan oleh urin bisa menjadi pertanda jika kamu sedang mengidap diabetes mellitus. Thomas Mayo, seorang dokter di tahun 1675 menggambarkan kencing diabetes tercium sangat manis seolah-olah diberi madu atau gula. Jika kamu mengalami hal ini, segera periksakan ke dokter yah!

2. Terlalu banyak mengonsumsi vitamin B-6

Jangan Anggap Remeh, 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Kencingmu Bau!Pexels.com

Terkadang urin bisa memiliki aroma tertentu saat kita sedang mengonsumsi berbagai jenis obat atau vitamin. Jika kamu mencium bau kencing seperti obat, kemungkinan kamu mengonsumsi banyak vitamin B-6. Pasalnya, vitamin larut dalam tubuh menjadi lemak atau air. Nah, vitamin B-6 larut menjadi air dan mengeluarkannya dari urin.

3. Kamu mengalami dehidrasi

Jangan Anggap Remeh, 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Kencingmu Bau!rd.com

Kencing bau juga bisa disebabkan oleh dehidrasi dan urin akan beraroma seperti amonia. Jika tubuh kekurangan air, maka dapat menyebabkan urin berwarna lebih gelap dan mengeluarkan aroma yang tak sedap.

4. Terlalu sering membersihkan area intim

Jangan Anggap Remeh, 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Kencingmu Bau!Refinery29.com

Satu-satunya yang boleh digunakan untuk membersihkan area intim adalah air. Membersihkan dengan produk berbahan kimia sebenarnya dapat menghilangkan bakteri baik.

5. Adanya infeksi saluran kemih

Jangan Anggap Remeh, 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Kencingmu Bau!Refinery29.co.uk

Infeksi saluran kemih dapat menyebabkan bau busuk pada urin. Hal ini disebabkan karena adanya bakteri jahat yang menyelinap masuk ke kandung kemih melalui uretra dan menyebabkan kencing berbau aneh.





BACA JUGA: Jangan Dipercaya! Mitos Menstruasi Ini Ternyata Salah Besar