Jika kamu terlalu sering melupakan sesuatu, bisa jadi hal itu disebabkan karena kurang istirahat atau berbagai alasan lainnya seperti faktor genetik, aktivitas fisik dan gaya hidup serta lingkungan. Namun, ternyata diet mengambil peran besar untuk kesehatan otak. Setiap jenis makanan yang baik memiliki kandungan nutrisi, tapi hanya beberapa saja yang mempunyai manfaat khusus bagi otak seperti meningkatkan daya ingat dan kecerdasan. Di sini, Popbela sudah mengumpulkan berbagai jenis makanan yang sering disebut sebagai Brain Food. Cek yuk!

1. Salmon

 Cepat Lupa? Coba Konsumsi 5 Makanan Penambah Daya Ingat Ini www.jessicagavin.com
 

Salmon merupakan salah satu sumber terbaik asam lemak omega-3 yakni DHA dan EPA yang memiliki fungsi untuk pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak.

2. Telur

 Cepat Lupa? Coba Konsumsi 5 Makanan Penambah Daya Ingat Ini www.simplyquinoa.com
 

Bagian kuning telur kaya akan kolin yaitu zat yang dapat membantu perkembangan daya ingat. Saat kamu mengonsumsi kuning telur, otak akan menggunakan kolin untuk membuat asetilkolin yakni zat kimia yang dibuat oleh beberapa jenis sel saraf untuk mengirim pesan ke sel lain.

3. Alpukat

 Cepat Lupa? Coba Konsumsi 5 Makanan Penambah Daya Ingat Ini www.healthline.com
 

Buah alpukat juga merupakan sumber yang kaya akan vitamin E dan lemak tak jenuh yang dapat melancarkan aliran darah ke otak sehingga membuat kita dapat berpikir lebih baik.

4. Blueberry

 Cepat Lupa? Coba Konsumsi 5 Makanan Penambah Daya Ingat Ini dearcrissy.com
 

Blueberry dapat melindungi otak dari stress oksidatif yaitu kondisi di mana jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas. Selain itu buah ini juga dapat mengurangi efek bertambahnya umur seperti penyakit Alzheimer atau demensia.

5. Oat

 Cepat Lupa? Coba Konsumsi 5 Makanan Penambah Daya Ingat Ini www.foodheavenmadeeasy.com
 

Oat mengandung seng, potassium, vitamin B dan E yang dapat membuat fungsi tubuh serta otak bekerja dengan kondisi yang prima.

BACA JUGA: 5 Makanan Ini Ampuh Meningkatkan Gairah Seks