Ada kalanya bangun pagi menjadi hal terberat untuk dilakukan. Bahkan, setelah mandi atau sarapan rasanya tubuh masih ingin berbaring di tempat tidur. Kamu merasakan hal yang sama? Coba 5 tips untuk mengatasi rasa ngantuk dan lelah saat bangun tidur di bawah ini.

1. Sarapan tepat waktu dengan menu sehat dan porsi yang sesuai

5 Tips untuk Mengatasi Rasa Ngantuk dan Lelah Saat Bangun TidurPexels.com

Hindari mengonsumsi makanan yang terlalu banyak karbohidrat. Sebaiknya, konsumsi makanan dengan lemak sehat, tinggi protein dan rendah kalori. 

2. Hindari melakukan hal yang membuat stres sebelum tidur

5 Tips untuk Mengatasi Rasa Ngantuk dan Lelah Saat Bangun TidurPexels.com

Sebaiknya, habiskan waktu dengan membaca buku atau mendengarkan lagu yang membuat tenang. Cara sederhana ini bisa membantumu tidur lelap dan bangun dengan tubuh yang lebih segar.

3. Patuh dengan pola tidur yang benar

5 Tips untuk Mengatasi Rasa Ngantuk dan Lelah Saat Bangun Tidurinteralle.com

Tidur dengan waktu yang berbeda-beda setiap harinya justru merusak siklus bangun-tidur (circadian rhtyms). Biasakan untuk tidur di jam yang sama. Jika kesulitan untuk tidur lebih awal, cobalah mulai meredupkan lampu kamar saat sore hari. Cara ini akan memberikan tanda pada tubuh untuk beristirahat. 

4. Biasakan untuk minum air saat bangun tidur

5 Tips untuk Mengatasi Rasa Ngantuk dan Lelah Saat Bangun Tidurrd.com

Pagi hari merupakan waktu bagi tubuh untuk mengeluarkan racun. Bantulah tubuh dengan minum air sebanyak setengah liter saat bangun tidur. Lebih baik lagi, cobalah untuk minum air hangat. 

5. Konsumsi makanan kaya antioksidan

5 Tips untuk Mengatasi Rasa Ngantuk dan Lelah Saat Bangun TidurPexels.com

Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dapat menjadi salah satu penyebab tubuh menjadi lelah. Atasi hal ini dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, misalnya apel, alpukat, pisang, pepaya, anggur, jeruk atau nanas.

 

BACA JUGA: Bikin Ngantuk, Hindari 9 Makanan Ini Saat jam Makan Siang