Jika memiliki mata kering, kamu akan merasakan perih dan seperti ada pasir di sana. Mata kering terjadi ketika kelenjar air mata tidak mengeluarkan air mata dalam jumlah cukup. Kondisi ini bisa bersifat sementara atau kronis, bahkan dapat menyebabkan infeksi.

Penting untuk mengetahui penyebab mata kering sehingga kamu dapat mencegah atau mengatasinya. Berikut 9 penyebab mata kering!

1. Menatap komputer telalu lama

9 Penyebab Mata Kering dan Cara MengatasinyaPexels.com/Bruce Mars

Beberapa orang yang sering bekerja dengan komputer akan mengalami mata lelah dan sakit kepala. Selain itu, yang paling sering terjadi adalah mata kering karena terlalu sering menatap layar dan jarang berkedip. Alhasil, air mata menguap dengan lebih cepat.

Jika sering menggunakan komputer untuk bekerja, kamu dapat mengurangi risiko mata kering dengan sering berkedip. Itu dapat membantu membasahi mata sehingga dapat mencegah mata kering dan iritasi.

Jika kamu masih memiliki mata kering, gunakan tetes mata saat menatap layar komputer terlalu lama. Istirahatkan mata setiap 20 menit sekali  dan berkedip berulang kali untuk kembali membasahi mata kamu.

2. Kekurangan vitamin A

9 Penyebab Mata Kering dan Cara MengatasinyaFeastingnotfasting.com

Vitamin A mampu meningkatkan kesehatan mata. Makanan kaya vitamin A meliputi telur, wortel, ikan, bayam dan brokoli. Kurang mengonsumsi makanan tersebut dapat menyebabkan mata kering dan gangguan penglihatan lainnya seperti rabun senja.

3. Paparan angin

9 Penyebab Mata Kering dan Cara MengatasinyaStyledumonde.com

Cuaca dingin dan paparan angin dapat membuat air mata menguap dengan cepat dan akhirnya menyebabkan mata kering. Untuk melindungi mata kamu, gunakan tetes mata dan kacamata saat berada di luar rumah.

4. Alergi

9 Penyebab Mata Kering dan Cara Mengatasinyaaryanto.id

Alergi dapat memicu mata kering. Mata kamu mungkin akan merasa gatal, merah, dan berair juga. Namun, obat antihistamin oral yang dapat mengurangi alergi kamu, dapat memperburuk gejala mata kering. Konsultasikan kepada dokter jika kamu mengalami mata kering setelah mengonsumsi obat alergi.

5. Dehidrasi ringan

9 Penyebab Mata Kering dan Cara Mengatasinyafreepik.com/jcomp

Terkadang, mata kering merupakan hasil dari dehidrasi atau kurang minum. Gejala dehidrasi. Meningkatkan asupan cairan dan minum lebih banyak air dapat mengatasi dehidrasi ringan dan mata kering.

6. Asap rokok

9 Penyebab Mata Kering dan Cara Mengatasinyasaga.co.uk

Merokok atau terpapar asap rokok orang lain juga bisa membuat mata kering. Sebisa mungkin, hindari asap rokok agar mata kamu juga tetap sehat.

7. Lensa kontak

9 Penyebab Mata Kering dan Cara Mengatasinyawww.eyetina.com/blog

Penggunaan lensa kontak dalam waktu lama memberikan risiko mata kering. Ini karena lensa kotak menghalangi oksigen ke kornea. Jika mata kamu tidak mendapat cairan yang cukup, beralih lah ke kacamata. Atau kamu juga bisa memesan lensa kontak yang khusus dibuat untuk mata kering. Lensa tersebut dirancang untuk mempertahankan kelembapan.

8. Obat-obatan

9 Penyebab Mata Kering dan Cara MengatasinyaPexels.com/Anna Svet

Air mata terdiri dari minyak, air, dan lendir. Namun, obat-obatan tertentu dapat mengurangi produksi lendir dan menyebabkan mata kering kronis. Termasuk obat antihistamin, antidepresan, dan diuretik.

Jika kamu mengonsumsi obat-obatan dan mengalami mata kering, bicarakan kepada dokter kamu. Mintalah alternatif obat yang dapat mengurangi risiko mata kering.

9. Bedah laser

9 Penyebab Mata Kering dan Cara MengatasinyaPixabay.com/PublicDomainPictures

Beberapa orang mulai mengalami mata kering setelah operasi mata dengan laser. Prosedur ini memotong beberapa saraf di kornea, menyebabkan mata menghasilkan lebih sedikit air mata.

Jenis mata kering ini biasanya bersifat sementara dan hilang setelah beberapa hari atau minggu. Sampai mata kamu sembuh, gunakan tetes mata untuk menjaga kelembapan mata.

Itulah beberapa penyebab mata kering dan cara mengatasinya. Perhatikan terus kesehatan mata kamu ya, Bela!