Meskipun stres susah untuk dihindari, tapi penting untuk mengatasinya. Ini karena stres kronis bisa memberikan dampak serius pada kesehatan fisik dan mental kamu. Bahkan, stres dapat memicu beberapa penyakit seperti jantung dan depresi, lho.

Oleh sebab itu, wajar kalau kamu mencari pelampiasan untuk mengatasi stres. Salah satunya ke makanan. Namun, makanan yang dikonsumsi juga perlu diperhatikan, nih. Pilih yang sehat dan bagus untuk tubuh. Berikut ada 8 makanan sehat untuk menghilangkan stres.

1. Cokelat hitam

Bantu Atasi Stres, Ini 8 Makanan yang Bisa Kamu Konsumsieatthis.com

Kaya akan antioksidan, cokelat hitam masuk ke dalam daftar makanan sehat yang berkaitan dengan mood. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa makan cokelat bisa membuat keadaan hati menjadi lebih baik. Selain menurunkan tekanan darah, cokelat hitam membuat kita lebih rileks. Ia mengandung dua jenis antioksidan penting, yaitu polifenol dan flanovol.

2. Telur

Bantu Atasi Stres, Ini 8 Makanan yang Bisa Kamu Konsumsifreepik.com/ freepik

Telur kerap disebut sebagai multivitamin alami karena memiliki  nutrisi yang menakjubkan. Ia mengadung vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan yang dibutuhkan untuk merespons stres. Telur juga kaya akan kolin yang terbukti memainkan peran penting pada kesehatan otak sehingga membantu melindungi kita dari stres.

3. Brokoli

Bantu Atasi Stres, Ini 8 Makanan yang Bisa Kamu Konsumsikirbiecravings.com

Brokoli dikenal akan manfaat kesehatannya untuk mengurangi risiko kanker. Namun, sayur ini juga membantu mengatasi penyakit mental seperti depresi. Brokoli terbentuk dari beberapa nutrisi seperti magnesium, vitamin C, dan folat yang terbukti dapat melawan gejala depresi.

Selain itu, brokoli juga kaya akan sulforaphane yang melindungi saraf. Senyawa sulfur tersebut memiliki efek menenangkan dan antidepresan. Sebagai tambahan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi brokoli mampu menurunkan risiko kecemasan dan depresi pada wanita.

4. Salmon

Bantu Atasi Stres, Ini 8 Makanan yang Bisa Kamu KonsumsiPixabay.com/János Hegedűs

Saat stres, tubuh memproduksi hormon kortisol. Nah, omega-3 yang terkandung pada salmon membantu kita mengatasai kecemasan dan depresi dengan melawan hormon tersebut. Salmon juga memiliki vitamin D yang diketahui bermanfaat mencegah depresi.

5. Blueberry

Bantu Atasi Stres, Ini 8 Makanan yang Bisa Kamu Konsumsipexels.com/ Brigitte Tohm

Tidak hanya enak, blueberry juga baik untuk kesehatan. Ia memproduksi dopamin, jenis senyawa yang baik untuk melawan stres. Tambahkan blueberry pada yoghurt atau oatmeal kamu saat hari sedang tidak menyenangkan. Blueberry juga bisa menjadi bagian dari diet kamu.

6. Oatmeal

Bantu Atasi Stres, Ini 8 Makanan yang Bisa Kamu KonsumsiUpcominghealth.com

Berbicara tentang oatmeal, makanan ini merupakan salah satu penyalur serotonin. Oatmeal akan membantu meredakan mood jelek kamu. Konsumsi oatmeal sebagai sarapan untuk mengurangi stres di pagi hari!

7. Alpukat

Bantu Atasi Stres, Ini 8 Makanan yang Bisa Kamu Konsumsifreepik.com/ freepik

Tahukah kamu? Alpukat juga bagus untuk meredakan stres. Alpukat mengandung vitamin B yang membantu mengurangi kecemasan. Buah ini juga kaya akan glutathione, zat yang secara khusus menghalangi penyerapan usus dari lemak tertentu yang menyebabkan kerusakan oksidatif.

8. Chamomile

Bantu Atasi Stres, Ini 8 Makanan yang Bisa Kamu Konsumsifreepik.com/freepik

Di zaman kuno, chamomile dijadikan sebagai ramuan obat untuk meredam stres. Kini, teh dan ekstraknya telah terbukti membantu kita tidur lebih nyenyak, serta mengurangi gejala kecemasan dan depresi.

Sebuah studi bahkan menunjukkan bahwa mengonsumsi 1,5 gram ekstrak chamomile dapat mengurangi kadar kortisol dan memperbaiki gejala kecemasan.

Itulah 8 makanan sehat yang bisa membantu kamu mengatasi stres. Bagaimana, Bela? Apakah tertarik mencobanya?

Baca Juga: 5 Hal Ini Bisa Jadi Obat Stres karena Lama WFH

Baca Juga: Ini 5 Cara Tenangkan Pikiran Agar Bebas Stres

Baca Juga: Stres Masalah Keluarga? Ini 10 Cara Paling Ampuh untuk Mengatasinya