Seperti kulit, warna bibir juga bervariasi pada setiap orang. Meski begitu, pada beberapa kasus, perubahan warna atau kondisi bibir disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari. Berikut 7 penyebab yang membuat bibir menjadi hitam.

1. Tidak melembapkan bibir

7 Kebiasaan Sehari-hari yang Membuat Bibir Hitamstylecaster.com

Bibir kering dan pecah-pecah dapat menyebabkan perubahan warna. Agar bibir tetap sehat, penting untuk melembapkannya. Oleskan lip balm untuk memberikan nutrisi pada bibir. Kamu bisa mencoba lip balm yang dibuat dari bahan-bahan alami seperti cocoa atau shea butter.

2. Tidak membersihkan sel kulit mati

7 Kebiasaan Sehari-hari yang Membuat Bibir Hitamtoday.com

Bibir bagian luar cenderung mudah kehilangan kelembapannya. Itu karena ia merupakan lapisan kulit paling tipis di wajah. Untuk menangani bibir pecah-pecah dan kering, kamu harus melakukan eksfoliasi secara rutin. Dengan begitu sel kulit mati pun terangkat dan bibir tetap sehat.

3. Mengabaikan tabir surya

7 Kebiasaan Sehari-hari yang Membuat Bibir Hitamfreepik.com/freepik

Sama seperti kulit, bibir juga bisa rusak akibat paparan sinar matahari. Oleh sebab itu, kamu harus melindunginya dari sinar ultraviolet. Gunakan lip balm yang mengandung SPF 30 sebelum keluar rumah.

4. Merokok

7 Kebiasaan Sehari-hari yang Membuat Bibir HitamPexels.com/Cristian Sorin

Bibir hitam juga dapat disebabkan oleh merokok. Begitu mengisap rokok, zat nikotin dan tar yang ada di dalamnya akan berpindah ke bibir. Pada akhirnya, itu akan menyebabkan perubahan warna yang membuat bibir menjadi gelap.

5. Mengonsumsi obat-obatan tertentu

7 Kebiasaan Sehari-hari yang Membuat Bibir HitamPexels.com/Jeshoots.com

Beberapa jenis obat dapat menyebabkan hiperpigmentasi, termasuk obat antimalaria dan antibiotik mynocycline. Biasanya, warna kulit bibir akan kembali seperti semula saat obat-obatan tersebut berhenti dikonsumsi. Namun, bagi beberapa orang, efeknya bertahan lama.

6. Kurangnya perawatan bibir

7 Kebiasaan Sehari-hari yang Membuat Bibir HitamAfrimash.com

Dalam merawat diri, kesehatan bibir cenderung diabaikan. Padahal, itu juga perlu diperhatikan. Agar bibir tetap cantik dan sehat, kamu bisa memijatnya dengan minyak almond setiap malam. Memijat bibir secara teratur dapat memperlancar aliran darah di sekitarnya. Dengan begitu, kulit bibir pun menunjukkan warna yang sehat.

7. Tidak membersihkan lipstik dengan benar

7 Kebiasaan Sehari-hari yang Membuat Bibir Hitampinterest.com

Sangat penting untuk menghapus lipstik dengan bersih sebelum tidur. Jika tidak, itu dapat menyebabkan kerusakan parah pada bibir. Celah di antara garis bibir dengan mudah menjebak kotoran dan residu lainnya. Jika kamu tidak menghilangkan noda dengan benar, bibir dapat berubah warna (misalnya menjadi gelap).

Itulah 7 kebiasaan sehari-hari yang bisa membuat bibir menjadi gelap. Jika kamu sering melakukannya, segera hentikan ya, Bela! Rawat bibir kamu seperti kamu menjaga kesehatan kulit wajah.