Bagi kamu penggemar kopi, meminum kopi dalam keseharian kamu mungkin menjadi sebuah keharusan. Namun, tahukah kamu bahwa kopi mengandung kafein yang tinggi. Memang betul kopi memiliki beragam manfaat untuk tubuh, baik untuk dikonsumsi maupun dijadikan sebagai bahan perawatan alami. Tapi ternyata efek negatif setelah minum kopi baru umumnya baru akan disadari seseorang setelah sekian lama mengonsumsinya sebagai minuman harian. Beberapa orang mengakui bahwa kulitnya terlihat lebih kusam dan keriput setelah lama mengonsumsi kopi.

Sebaiknya saat ini kamu mulai mengatakan “Dear coffee, I love you. I love your taste, your aroma — but I can't see you as often anymore.” Sebagai alternatif, ada teh hijau sebagai minuman pengganti kopi di pagi hari. Teh hijau terkenal dengan kandungan antioksidannya yang tinggi dan rendah kafein. Berikut lima alasan kenapa kamu sebaiknya mengganti kebiasaan minum kopi ke teh hijau. Simak juga beberapa manfaat teh hijau dibawah ini!

1. Mengandung Antioksidan yang Tinggi

Kopi merupakan diuretik alami yang dapat berdehidrasi. Segala sesuatu yang membuat dehidrasi bisa menimbulkan penuaan. Bisa jadi secangkir kopi akan mempercepat keriput Anda. Nah, sisi lain, teh hijau penuh dengan antioksidan, dalam hal ini bisa menjadi salah satu kunci untuk melawan segala macam penyakit, dari kanker hingga diabetes. Jennifer Lopez, misalnya, ia beralih ke teh hiaju dan menghindari kopi untuk menjaga energinya dan menjaga kulitnya agar tetap bersinar.

2. Kafeinnya Lebih Rendah Dibandingkan Kopi

Kandungan kafein pada teh lebih rendah jika dibandingkan dengan kopi. Kafein sebenarnya tidak meningkatkan level energi, kecuali ada penambahan susu atau gula pada kopi. Sifat kafein ialah meningkatkan aktivitas otak dengan memicu lebih banyak neuron bekerja. Hasilnya kamu jadi lebih waspada dengan daya kognisi yang tinggi.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Mengonsumsi teh hijau juga memberikan beberapa manfaat seperti membuat nafas lebih segar, peningkatan laju metabolisme, peningkatan pembakaran lemak, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan memori, aliran darah yang lebih baik ke otak, mengurangi risiko berbagai penyakit dan mengurangi rasa sakit dari kondisi peradangan seperti radang sendi.

4. Bukan Berarti Meminum Kopi Itu Buruk

Meskipun demikian, bukan berarti meminum kopi itu buruk. Dua penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine mengonfirmasi tentang manfaat kesehatan kopi yang paling penting yakni dapat membantu kamu hidup lebih lama. Tetapi tentunya setiap tubuh individu berbeda. Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah kamu akan merasa lebih baik dengan atau tanpa kopi adalah dengan mencobanya sendiri. Jika kamu mengalami gejala serupa dengan minum kopi dan ingin berhenti, mulailah dari yang kecil. Contohnya apabila kamu dalam sehari mengkonsumsi tiga kali cangkir kopi, kurangi menjadi secangkir saja. Kemudian secara perlahan, ubah kebiasaan tersebut dengan beralih ke teh hijau.

5. Kafeinnya Lebih Rendah Dibandingkan Kopi

Selain itu, matcha juga mengandung kalori yang rendah serta sehat bagi tubuh. Matcha juga memiliki manfaat detoksifikasi, sehingga bisa membantu membuang racun dalam tubuh. Namun, tentu saja, manfaat tersebut berbeda tergantung kualitas matcha yang kita konsumsi.

Itulah beberapa manfaat teh hijau dan alasan penting mengapa kamu harus mengonsumsinya. Semoga bermanfaat, Bela.

Baca Juga: 7 Manfaat Kesehatan Di Balik Teh Hitam yang Perlu Kamu Tahu