Bagi kamu yang memiliki tekanan darah rendah, jangan dianggap sepele lho! kenapa? karena jika kamu tidak mendapatkan penanganan yang benar dan tepat, kondisi ini akan menganggu kesehatan kamu. 

Biasanya, penyebab tekanan darah rendah dikarenakan kamu mengalami dehidrasi, berdiri terlalu lama, ataupun perubahan hormonal yang membuat kamu akan pusing, mual, dan keringat dingin. 

Cara yang tepat untuk membuat tubuh lebih sehat meskipun memiliki darah yang rendah yaitu melakukan olahraga yang rutin. Olahraga apa saja yang cocok untuk pemilik darah rendah? Intip di bawah ini yuk!

1. Sepeda

Inilah Jenis Olahraga yang Cocok untuk Penderita Darah Rendah Pixabay.com

Salah satu olahraga yang tepat untuk si penderita darah rendah adalah bersepeda, fungsi kamu melakukan olahraga ini agar bisa melancarkan sirkulasi darah yang kaya akan oksigen dan menutrisi ke semua otot seluruh tubuh. 

Kemudian selain itu, sepeda mampu menguatkan tubuh agar tidak lemas yang membantu membentuk tubuh dan memberikan energi lebih, otot pun akan terjaga seperti paha, betis, dan panggul. Kalau misalkan kamu sudah merasa lelah, kamu bisa berhenti dan istirahat sementara ya. 

2. Berlari

Inilah Jenis Olahraga yang Cocok untuk Penderita Darah Rendah mattnager.com

Jika kamu memiliki darah rendah, biasanya akan merasa lelah ketika berolahraga. Hal ini karena darah kekurangan zat besi sehingga menyebabkan tubuh membutuhkan oksigen yang lebih. Salah satu olahraga yang bisa kamu coba adalah lari. Lari merupakan olahraga yang memiliki daya penyerapan oksigen lebih banyak. Mulailah dengan intensitas rendah terlebih dahulu. Jika sudah mulai terbiasa, tingkatkan intensitas menjadi 2-3 kali seminggu.

3. Senam

Inilah Jenis Olahraga yang Cocok untuk Penderita Darah Rendah Self.com

Rasa lemas yang dirasakan pemilik darah rendah biasanya memicu untuk malas berolahraga. Untuk meningkatkan produktivitas olahraga, kamu bisa lakukan senam Anemiaction yang berfungsi membugarkan tubuh meskipun hanya 5 menit. Senam ini juga akan melatih otot kamu agar lebih kuat, dan tidak akan menimbulkan kelelahan yang berlebihan.

4. Yoga

Inilah Jenis Olahraga yang Cocok untuk Penderita Darah Rendah Elibellula.com

Jenis olahraga seperti yoga memang tidak memerlukan tenaga yang banyak, sebab kamu hanya perlu untuk duduk dan melakukan gerakan-gerakan yang terkait dengan yoga. Yoga bisa membuat kamu lebih rileks termasuk melancarkan aliran darah yang tersumbat. 

5. Angkat beban

Inilah Jenis Olahraga yang Cocok untuk Penderita Darah Rendah inKin.com

Meskipun kamu jarang olahraga, sepertinya menguatkan otot juga penting nih, Bela. Coba lakukan latihan angkat beban setidaknya 1-2 kali dalam seminggu. 

6. Berjalan

Inilah Jenis Olahraga yang Cocok untuk Penderita Darah Rendah Besthealthmag.ca

Kalau kamu senang berjalan-jalan, hal ini termasuk olahraga yang sederhana sebab kamu bisa lakukan di mana saja. Ini merupakan olahraga yang tidak terlalu berat. Kamu bisa lakukan jalan kaki selama 30 menit dalam sehari ya agartubuh tetap bugar.

7. Zumba

Inilah Jenis Olahraga yang Cocok untuk Penderita Darah Rendah Pinterest.com

Ingin olahraga yang nggak monoton dan menyenangkan? Zumba bisa jadi pilihan. Selain membuat tubuh lebih fit, zumba juga bisa membakar lemak tubuh dengan cepat lho.

Baca Juga: 7 Pilihan Olahraga Saat Menstruasi yang Bisa Kamu Lakukan