Weekend  telah tiba. Apakah agendamu di akhir pekan kali ini? Apakah berpesta bersama sahabat adalah salah satunya? Biasanya, kegiatan berpesta meninggalkan dampak yang kurang baik untuk tubuh, seperti dehidrasi dan tubuh yang lelah. 

Melansir dari Byrdie, ada beberapa cara yang dapat membantumu mengembalikan kesegaran tubuh setelah berpesta. Jika istirahat 24 jam dan mengonsumsi sayuran yang banyak belum mampu membuat dirimu jadi lebih baik, ini delapan trik berikut bisa kamu coba. Yuk, simak!

1. Bantal ekstra untuk tidur

7 Cara Mudah Mengembalikan Kesegaran Tubuh Setelah Berpestabahrain-confidential.com

Sebelum tidur, gunakan satu tambahan bantal pada kepala, atau letakkan gulungan handuk di bawah leher. Cara ini akan membantumu menjaga sirkulasi dan sistem drainase yang baik. Juga, hindari tidur dengan posisi menyamping karena dapat menyebabkan cairan berakumulasi pada pipi dan bawah mata.

2. Air lemon

7 Cara Mudah Mengembalikan Kesegaran Tubuh Setelah Berpestalivestrong.com

Mulai hari dengan segelas air lemon hangat. Sebab, lemon adalah diuretik alami dan laksatif (pencahar) yang aman. Menambahkan beberapa irisan lemon dalam segelas air akan mengurangi jumlah garam yang dipertahankan tubuh, yang menjadi penyebab tubuh menyimpan kelebihan air. Tips ini juga mampu menginduksi buang air besar, yang merupakan cara sehat untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

3. Beberapa irisan timun

7 Cara Mudah Mengembalikan Kesegaran Tubuh Setelah Berpestaarabiaweddings.com

Timun dapat mengatasi kantong mata yang membengkak karena buah ini menghasilkna quercetin, antioksidan flavonoid yang membantu mengurangi pembengkakan. Tempatkan irisan timun pada mata selama 10 menit dan mata akan terasa lebih baik.

4. Teh jahe

7 Cara Mudah Mengembalikan Kesegaran Tubuh Setelah Berpestatheodysseyonline.com

Jahe sebagai anti-iflamasi dan obat pencernaan, juga mampu menenangkan sistem pencernaan dan merilekskan otot usus besar, memecah gas dan menyembuhkan kembung. Tambahkan irisan jahe segar yang telah dikupas ke dalam segelas air panas, tunggu sampai dingin dan sesapi perlahan.

5. Peppermint tea

7 Cara Mudah Mengembalikan Kesegaran Tubuh Setelah Berpestamarinecatering,com

Kandungan minyak dalam peppermint menstiumulasi kantong empedu untuk melepaskan empedu yang digunakan untuk mencerna lemak, serta meringankan kejang pada saluran cerna. Pelepasan ini membantu gas untuk melewatinya dan meredakan kembung. Teh herbal juga membantu mengembalikan hidrasi secara alami.

6. Cuka sari apel

7 Cara Mudah Mengembalikan Kesegaran Tubuh Setelah Berpestahealthtipblog.com

Banyak orang menemukan kalau mencampurkan sesendok makan cuka sari apel (apple cider vinegar) ke dalam smoothie atau sebotol air, mampu melancarkan pencernaan dan mengurangi kembung. Cuka sari apel ini juga terbukti meredakan inflamasi dan meningkatkan energi sehingga kamu merasa segar untuk melakukan olahraga.

7. Yoga

7 Cara Mudah Mengembalikan Kesegaran Tubuh Setelah Berpestamedicalnewstoday.com

Pernapasan yang dalam membantu meningkatkan sistem pencernaan melalui proses mensuplai kembali perut, liver, pankreas, kantong empedu, dan usus dengan asupan segar darah yang dapat menghilangkan atau mengurangi gas atau kembung. Gerakan duduk dalam yoga yang membuatmu memutar abdomen menyediakan metode untuk mengencangkan organ dalam perut, sehingga memeras gas yang terjebak di dalamnya.

Memang, ajakan pesta selama akhir pekan nggak bisa dielakkan. Namun jangan sampai kamu lupa dengan kesehatan tubuh, ya! 

BACA JUGA: Ini Lho Tandanya Kalau Tubuhmu Butuh Detox!