Sering merasa stres dan kurang dapat memfokuskan pikiran akhir-akhir ini? Kamu dapat mencoba melakukan meditasi, Bela. Selain mudah dilakukan, meditasi adalah salah satu teknik ampuh untuk melatih dan menjaga kesehatan jiwa. Ada berbagai jenis meditasi yang bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan maupun keinginan masing-masing pribadi. Kalau Duchess of Sussex Kerajaan Inggris, Meghan Markle, memilih melakukan Vedic meditation atau meditasi Vedik.

Melansir dari Bustle, melalui blog pribadinya (The Tig), Meghan mengakui dirinya sangat menyukai dan sering melakukan meditasi vedik. Seperti apa, sih? Bagaimana cara melakukannya, ya? Yuk, cari tahu bersama!

5 Fakta Vedic Meditation, Teknik Meditasi Favorit Meghan Markle

Menurut New York Medication Center, Vedic meditation berasal dari Veda. Itu adalah sistem pengetahuan India kuno yang turut menjadi akar dari yoga, meditasi, dan pengobatan Ayuverdik. Veda sendiri secara esensial adalah sumber filosofis Ketimuran, dan berdasarkan Meditation Trust, teknik meditasi yang dilakukan Meghan ini berasal darai teks Vedic asli, yang pertama kali ditulis lebih dari 5,000 tahun yang lalu. Namun perlu diingat, Vedic meditation nggak memiliki hubungan dengan keyakinan apapun.

5 Fakta Vedic Meditation, Teknik Meditasi Favorit Meghan Markle

Dalam tulisan yang diunggah Meghan di blog pribadinya pada tahun 2015 silam, meditasi yang dirinya lakukan adalah jenis yang diyakini dapat mengubah kehidupan dan lintasan masa depan seseorang menjadi lebih sukses, lebih terwujud, lebih bahagia, dan sedikit terbebas dari rasa khawatir. 

Sebagai seseorang yang menyukai meditasi Vedik, Meghan mengaku merasa ketakutan saat pertama kali melakukannya. Namun segera setelah itu, berubah menjadi ketenangan yang memutar-balikkan hidupnya.

5 Fakta Vedic Meditation, Teknik Meditasi Favorit Meghan Markle

Vedic meditation berfokus pada pikiranmu. Meditasi jenis ini akan membuatmu untuk membiarkan pikiran yang ada di kepalamu, menyadarinya, kemudian membawa kembali perhatianmu seutuhnya pada pernapasanmu dalam cara yang non-judgemental

Pikiran datang dan pergi, namun melawannya nggak akan membantumu sama sekali. Pikiran itu muncuk begitu saja. "Nggak salah untuk tersesat dalam pikiranmu. Dan ketika menyadari sedang bermeditasu, cukup mulai menyadari pernapasanmu lagi secara pasif," ujar Light Watkins, seorang pelatih Vedic meditation pada The Tig.

5 Fakta Vedic Meditation, Teknik Meditasi Favorit Meghan Markle

Watkins juga mengatakan jika ingin melakukan meditasi Vedik, kuncinya adalah nggak melawan apapun yag data selama sesi latihan ini berlangsung. Entah itu lirik lagu, pikiran random, perasaan, entah percakapan yang kamu lakukan di masa lampau, sang pelatih menyarankanmu untuk membiarkan meditasi menjadi sama dengan menyadari pernapasanmu dan tersesat dalam pemikiranmu. "Rangkul semua pengalaman kejiwaan tanpa ragu, kasihan, atau penyesalan," tutur Watkins, "Ingat kalau pikiranmu akan berkelana jauh dari fokusmu pada pernapasanmu. Jangan melawannya; ini wajar terjadi."

5 Fakta Vedic Meditation, Teknik Meditasi Favorit Meghan Markle

Lalu, bagaimana cara melakukan Vedic Medication ini? Caranya cukup sederhana, yaitu duduk dengan nyaman, pejamkan mata, dan menyadari pernapasanmu sembari memerhatikan waktu saat kamu menjelajahi pemikiran, juga mengingat untuk membawa kembali kesadaranmu pada pernapasanmu lagi. Lalu ketika waktu sudah usai, muka mata secara perlahan dan akhiri sesi meditasi. New York Meditation Center juga mengatakan kalau kamu dapat menggunakan matras untuk melakukan meditasi ini.

Masing-masing meditasi memiliki teknik tersendiri, dan Vedic meditation berpusat pada pikiran dan pernapasanmu. Mau mencoba melakukan meditasi yang disukai istri dari Pangeran Harry ini, Bela? Mulai dengan duduk yang nyaman, pejamkan mata, menjelajah pikiranmu, dan membawa kembali kesadaranmu pada pernapasanmu.

Baca Juga: Baik Bagi Tubuh, Ini 5 Manfaat Meditasi yang Perlu Kamu Tahu