Merasa lelah, selalu ingin rebahan dan tidur sepanjang waktu? Selalu merasa mengantuk setiap beraktivitas? Selalu merasa lemas dan ingin memejamkan mata setiap waktu? Mungkin kamu merasa lelah karena habis melakukan kegiatan yang menguras energi. Namun jika selalu merasa lelah, tentu ada sebab yang lebih dari sekadar aktivitas yang berat, Bela. Namun apa yang membuatmu merasa selalu lelah?

Melansir dari Huff Post, ada beberapa alasan yang mendorongmu untuk selalu ingin rebahan setiap saat. Apa saja?

1. Kurang tidur

Jangan Disepelekan, Ini 6 Alasan Kamu Selalu Merasa LelahPexels.com/Ivan Oboleninov

Alasan pertama dan yang paling mudah ditebak adalah kamu kurang tidur sehingga merasa lelah setiap saat. Tentu saja, hal ini mungkin kamu sadari. Namun seringkali juga kamu abaikan. Faktanya di masa kini, banyak sekali generasi muda yang merasa kurang tidur demi hidup di zaman yang serba cepat. Coba luangkan waktumu untuk mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas, Bela. Kamu pun akan merasa lebih segar dan tubuh merasa lebih bugar.

2. Kurang olahraga dan nggak menjaga pola makan sehat

Jangan Disepelekan, Ini 6 Alasan Kamu Selalu Merasa Lelahrefinery29.com

Jika alasan kelelahanmu dikarenakan kurang tidur, coba amati gaya hidup yang kamu jalani saat ini. Mungkin kamu kurang berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Pasalnya, berbagai penelitian mengungkapkan jika olahraga dan pola makan sehat dapat membuatmu tidur lebih nyenyak.

Bahkan, makan menjelang waktu tidur dapat mengganggu kualitas tidurmu, loh. Jadi, mulai terapkan kembali gaya hidup sehat dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi. Juga pada dasarnya, olahraga dan diet sehat dapat membuat tubuhmu lebih sehat secara keseluruhan.

3. Sedang dalam pengobatan

Jangan Disepelekan, Ini 6 Alasan Kamu Selalu Merasa Lelahmedium.com

Rasa lelah yang selalu kamu rasakan boleh jadi dampak dari obat-obatan yang sedang kamu konsumsi. Mungkin kamu sedang dalam perawatan medis atau harus menjalani pengobatan karena kondisi kesehatanmu. Obat-obatan seperti antidepresan, yang berkenaan dengan tekanan darah, serta yang berhubungan dengan alergi dapat membuatmu merasa lelah.

4. Efek sirkadian pada tubuh

Jangan Disepelekan, Ini 6 Alasan Kamu Selalu Merasa Lelahallchanelgirls.com

Pernah hanya merasa mengantuk pada jam-jam tertentu, misalnya antara pukul 2 sampai pukul 4 sore? Karena sebenarnya, seseorang memiliki jam tubuh alami saat ia merasakan penurunan energi. Jam tersebut adalah antara pukul 2 sampai dengan pukul 4, baik pagi maupun sore hari.

Jika merasa lelah dan mengantuk antara jam tersebut, terutama di siang hari, ingat kalau ini bukan selalu karena efek makan siang. Melainkan efek sirkadian tubuhmu. Setiap sel dalam tubuh memiliki jam molekul kecil dan melalui ritmenya sendiri.

5. Gangguan tidur

Jangan Disepelekan, Ini 6 Alasan Kamu Selalu Merasa Lelahk-mag.com

Boleh jadi kamu kurang tidur atau nggak memiliki tidur berkualitas, dan itu karena kamu mengalami gangguan seperti sleep apnea. Jika rasa lelahmu membuatmu tertidur begitu saja di saat beraktivitas, boleh jadi kamu mengalami gangguan narcolepsy. Lalu jika merasa lelah di siang hari karena nggak dapat tidur di malam hari, kemungkinan kamu mengalami insomnia. Kalau mengalami satu dari beberapa gangguan tidur ini, sangat disarankan untuk mendatangi dokter dan berkonsultasi dengannya.

6. Kondisi kesehatan tubuhmu

Jangan Disepelekan, Ini 6 Alasan Kamu Selalu Merasa Lelahrefinery29.com

Terkadang, rasa lelah dapat menjadi gejala dari penyakit tertentu. Lalu, penyakit seperti apa yang memiliki gejala kelelahan? Depresi merupakan salah satu penyakit yang memiliki gejala kelelahan. Gangguan tiroid juga ditunjukkan dengan gejala rasa lelah. Penyakit neurodegeneratif juga memiliki gejala rasa lelah karena sebagian area otak mengalami degenerasi, terutama pada bagian yang mengendalikan tidur dan bangun.

Itu alasan kamu bisa merasa lelah setiap saat. Coba amati lagi pola hidupmu selama beberapa waktu ke belakang. Jika ingin jawaban yang lebih akurat, kamu datang menemui dokter dan berkonsultasi lebih lanjut dengannya. Pokoknya, jangan pernah mengabaikan rasa lelah yang membuatmu ingin selalu merasa rebahan, Bela. Bahkan sekalipun itu disebabkan karena kurang tidur. Sebab, kurang tidur itu sendiri dapat memicu gangguan kesehatan yang lebih jauh seperti meningkatnya risiko diabetes atau penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: 10 Bahaya Kurang Tidur Ternyata Bisa Lebih Parah dari yang Kita Duga