Harus Lebih Cermat, 5 Hal Ini yang Perlu Kamu Ketahui Soal Kanker Payudara

Sadari dan sebarkan!

Harus Lebih Cermat, 5 Hal Ini yang Perlu Kamu Ketahui Soal Kanker Payudara

Bulan Oktober diperingati sebagai Breast Cancer Awareness. Peringatan yang dilakukan secara mendunia ini dilakukan sebagai salah satu bentuk kesadaran dan pencegahan kita terhadap kanker payudara. Penyakit mematikan ini nggak memandang gender, semua bisa terserang, bahkan laki-laki juga termasuk.  Nah, demi meningkatkan kewaspadaan, salah satu aktris Hollywood, Christina Applegate yang menjadi survivor kanker payudara, berbagi informasi bersama dokternya, Philomena McAndrew, MD, asal Los Angeles mengenai kanker payudara ini melalui WebMD.

kanker-payudara-1-0ff26736f402725a596319b94e3504dd.jpg
 

Kanker payudara nggak hanya menyerang perempuan usia 40-an ke atas, pasiennya bisa berasal dari kalangan muda dimulai dari usia 15 tahun. Jadi, mulai kenali dan periksa payudaramu sedari dini. Sudah ada banyak tutorial di internet untuk melakukan pemeriksaan sendiri pada payudara, atau kamu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk tahu cara melakukannya. Dengan mengenal payudara sendiri, kamu bisa mengenali jika terasa sesuatu yang berbeda, dan itu tandanya kamu harus mengunjungi doktermu.

kanker-payudara-2-8182f453824d9a810e1b20a23509b867.jpg
 

Keluarga dan dokter dapat mengatakan perbedaan yang kamu rasakan, bukan hal yang harus dikhawatirkan karena usiamu yang muda. Namun, kamu berhak bersikeras untuk mendapatkan pemeriksaan. "Pasien yang pernah saya temui berusia 18 tahun ketika dia merasakan perbedaan, dan datang kembali saat berusia 22 tahun dengan keadaan sudah menderita kanker payudara stadium 4. Dia terus mengatakan pada dokter kalau dia merasakan sesuatu dan khawatir akan hal itu. Namun mereka mengabaikannya karena ia terlalu muda," cerita dokter McAndrew.

kanker-payudara-3-8fd6592f442115b73b072bd5274f67cc.jpg
 

Ahli onkologi medis ini juga menyarankan tiap perempuan untuk mengunjungi beberapa dokter yang berbeda. "Kebanyakan kanker payudara nggak seperti kanker lain yang harus segera mendapatkan perawatan. Cari dokter dan tim medis yang kamu nyaman bersama mereka, tahu perawatan terbaru yang sedang berkembang dalam dunia medis, dan melihat penanda molekul tumor untuk mengetahui risiko pribadimu," sarannya.

kanker-payudara-4-db923760b78b32f3c7e51855fbc78a51.jpg
 

"Cari tahu arti istilah medis yang berkaitan dengan penyakit kita, seperti stage dan grade, lalu bagaimana pengaruh mereka ke pilihan perawatan yang diberikan," tutur Applegate, "Nggak ada pertanyaan yang terdengar konyol. Setiap pertanyaan itu penting." Jadi, Bela, jangan malu untuk bertanya sedetail mungkin pada dokter agar semakin mengerti dengan penyakit itu. Kamu pun bisa mencari pengertian istilah dan informasi penanganan kanker payudara melalui sumber online yang terpercaya.

kanker-payudara-5-3665047543c0ece6423c2e300684ab45.jpg
 

"Menjadi pengidap kanker payudara di usia apapun dapat membuatmu merasa terkucilkan," ujar dokter McAndrew, "Cari komunitas yang bergerak di isu ini, atau minta pada dokter untuk dikenalkan dengan pasien lainnya. Perempuan dengan kanker payudara sangat mengagumkan, mereka yang nggak pernah bertemu, menjadi saling terhubung. Kemudian mereka akan saling berkunjung dan menemani saat menjalani kemoterapi. Itu bukan kelompok yang membutuhkan registrasi, tapi sebuah kelompok yang membantu perempuan muda melawan kankernya lebih mudah dan lebih suportif."

Jangan menutup diri dengan kanker payudara, Bela. Siapapun di sekitarmu bisa terkena, dan kamu harus tahu bagaimana menghadapi dan melawannya. Yuk, sebarkan kesadaran kanker payudara ini ke keluarga dan teman-teman!

BACA JUGA: Kenali Jenis Kanker Payudara Dan Gejala Di Sini

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here