"Kalau ingin mengencangkan dan memperindah bentuk bokong, kamu harus squat!" Seberapa sering Bela mendengar saran seperti itu dari teman maupun saudara? Kalau sering, tentunya kamu akan merasa penasaran, bagaimana gerakan sederhana itu dapat memberikan efek yang begitu besar pada bagian belakang tubuh?

Squat merupakan gerakan dasar dalam berolahraga, yang nggak membutuhkan peralatan apapun dan dapat dilakukan di mana saja, kapan saja. Menurut Melissa Eckman, founder MelisFit, kepada Byrdie, gerakan dasar seperti squat adalah cara terbaik mengaktifkan glute (otot maximus pada bokong) untuk membentuk dan mengencangkan bokong.

Rutin Squat Bantu Kencangkan Bokong? Ini Jawabannya
Dok. Zoe Report
 

Bahkan trainer modelFit, Sarah Rector membenarkan hal itu. "Squat membantu menguatkan otot serta mengencangkan harmstrings (paha belakang) dan glute. Semakin kamu sering melakukan squat, semakin terlihat hasilnya pada tubuh."

Seberapa sering harus melakukan squat? Jika baru memulai, Rector menyarankan untuk melakukan sebanyak 20 kali per hari pertama, lalu tambah angkanya secara bertahap. "Bagiku adalah less is more saat baru memulai. Langsung melakukan repetisi dalam jumlah banyak dapat membuatmu lelah," ujarnya, "Mungkin melakukan lebih sedikit namun sering bagus untukmu. Masing-masing orang memiliki kondisi tubuh, tujuan fitnes dan mental yang berbeda. Jadi, temukan dan berpegangan pada suatu rutinitas squat yang tepat untukmu."

Rutin Squat Bantu Kencangkan Bokong? Ini JawabannyaDok. Popsugar
 

Gerakan squat yang benar dapat memberikan hasil terbaik untuk tubuh, terutama bokong. Tips yang dianjurkan Rector adalah mengikuti gerakan seperti duduk di bangku dan bangun kembali. Selain itu, jaga punggung tetap lurus dan kepala tetap memandang ke arah depan. Kemudian, pastikan lutut yang terlipat nggak melebihi jemari kakimu.

Meski nggak membutuhkan alat, beberapa peralatan dapat meningkatkan level kesulitan squat yang membantu menghasilkan bokong lebih indah. Erika Rayman, founder dari DB Method mengatakan kalau bantuan alat seperti beban tangan, kettlebells, atau ankle bands dapat memberikan manfaat yang besar.

Daripada penasaran terus, kita mulai squat sekarang saja, yuk, Bela! Hasilnya akan terlihat seiring rajinnya kita berlatih squat.

BACA JUGA: Miliki Bokong yang Kencang dengan 3 Cara Ini!