Pernah mendengar istilah masturbasi? Dalam seks, masturbasi merupakan suatu cara untuk memuaskan diri sendiri tanpa pasangan. Kamu menjelajah dirimu sendiri, menemukan titik rangsang pada tubuhmu, dan merilis hormon kebahagiaan sesuai dengan cara yang kamu inginkan. Namun selain kepuasan seks, ternyata masturbasi juga memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh, loh!

Mungkin belum banyak yang mengetahuinya, namun masturbasi diyakini dapat menurunkan tingkat stres dan memperbaiki fungsi imun tubuh. Penasaran? Melansir dari Teen Vogue, berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan masturbasi.

1. Menurunkan tingkat stres

Selain Kepuasan Seks, Ini 5 Manfaat Masturbasi untuk KesehatanPexels.com/Andrea Piacquadio

Menurut para ahli kesehatan dan seks, memuaskan diri sendiri secara seksual dapat merilis senyawa saraf yang dapat memperbaiki mood, seperti oksitosin, dopamin, dan endorfin. Senyawa ini dapat membantu otot tubuh menjadi lebih rileks dan menenangkan kekhawatiran dalam pikiranmu, bahkan di saat pandemi yang rentan stres ini.

2. Memperbaiki fungsi imun

Selain Kepuasan Seks, Ini 5 Manfaat Masturbasi untuk KesehatanPexels.com/Tirachard Kumtanom

Para ahli juga mengatakan jika masturbasi dapat memperbaiki atau meningkatkan fungsi imun tubuh. Meski hal ini masih menjadi perdebatan, beberapa penelitian menemukan kalau orgasme dapat meningkatkan level imunoglobulin, yang dapat memperkuat sistem imun dan mencegah penyakit.

Meski begitu, tetap menjaga kesehatan dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah masturbasi, serta menjaga kebersihan untuk melindungi dirimu dari bakteri dan virus, ya!

3. Memperkuat otot dasar panggul

Selain Kepuasan Seks, Ini 5 Manfaat Masturbasi untuk KesehatanPexels.com/Andrea Piacquadio

Jika gerakan kegel membuatmu stres, ada cara lain yang lebih mudah dan menyenangkan untuk melatih otot dasar panggulmu, loh. Salah satunya adalah dengan masturbasi. Cara ini dapat membentuk otot yang sama, yang secara nggak langsung membantumu mendapatkan seks yang lebih baik serta mengurangi risiko prolaps kandung kemih atau rahim! Jadi, mungkin kamu ingin mengganti sesi kegel dengan yang lebih menyenangkan, Bela?

4. Mengurangi rasa sakit

Selain Kepuasan Seks, Ini 5 Manfaat Masturbasi untuk KesehatanPexels.com/Andrea Piacquadio

Jika merasakan sakit kronis atau memiliki kondisi kesehatan yang dapat melonjak karena stres maupun perubahan, masa pandemi seperti ini akan memperburuk situasi tersebut. Untuk mengurangi rasa sakit, salah satu cara yang para ahli rekomendasikan adalah dengan masturbasi.

Masturbasi dapat menjadi salah satu self-treatment karena dapat mengurangi rasa sakit secara alami. Orgasme dari masturbasi dapat meredakan sakit kepala, misalnya. Sebuah penelitian menemukan kalau partisipan mengalami pengurangan rasa sakit ketika masturbasi. Namun pada perempuan, masturbasi juga mampu memberikan efek toleran pada rasa sakit serta meningkatkan kemampuan mereka untuk mendeteksi rasa sakit.

Namun, bukan berarti masturbasi dapat menggantikan pengobatan maupun perawatan medis, loh! Tapi cara ini bisa jadi salah satu alternatif yang dapat kamu coba.

5. Membantumu tidur lebih nyenyak

Selain Kepuasan Seks, Ini 5 Manfaat Masturbasi untuk KesehatanPexels.com/Ketut Subiyanto

Terkadang mengalami susah tidur karena banyak pikiran menghantuimu dan sulit menghentikannya hanya dengan memejamkan mata? Coba masturbasi, Bela. Sebab menurut para ahli dan Women's Health Network, melalui pelepasan tegangan dan hormonal, masturbasi dapat membantu mencegah insomnia karena dapat memberikan efek menenangkan yang berasal dari hormon oksitosin dan endorfin. Kamu pun dapat merasa mengantuk dan siap terlelap.

Mungkin nggak banyak orang awam dengan masturbasi, nggak semua orang merasa nyaman melakukannya. Namun terlepas dari kepuasan seksual yang kamu dapatkan, masturbasi memberikan manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. Jadi, mungkin kamu ingin mencobanya, Bela?

Baca Juga: Sering Dianggap Tabu, Ternyata Ini Manfaat Masturbasi untuk Kesehatan