Mana yang lebih baik, makan sebelum atau sesudah olahraga? Kalau sebelum olahraga, perut akan terasa berat sehingga menimbulkan rasa malas yang nggak terkira. Tapi konon, makan sesudah olahraga justru membuat tubuh jadi lebih gemuk. Duh, jadi mana yang lebih baik ya?

Kebingungan seperti ini bisa dialami siapa saja, terutama Bela yang baru saja memulai rutinitas olahraga. Untuk pertanyaan ini, maka jawaban terbaik adalah: makan sebelum dan sesudah olahraga

Itulah rekomendasi tepat yang disarankan oleh seorang kepala departemen nutrisi di University of Massachusetts, Nancy Cohen. Dilansir dari Time Health, dokter Cohen menyarankan untuk mengisi tubuh dengan asupan makanan sebelum memulai dan sesudah menyelesaikan aktivitas olahraga.

Mana yang Lebih Baik, Makan Sebelum atau Sesudah Olahraga?fashionista.com
 

"Umumnya, kita ingin menyantap makanan dengan kandungan karbohidrat dan protein yang tinggi, serta rendah lemak, 3-4 jam sebelum berolahraga," anjurnya baik kepada mereka yang ingin mengurangi berat badan maupun ingin membangun otot tubuh.

Karbohidrat mensuplai glikogen yang dibutuhkan untuk melakukan yoga, nge-gym, atau sekadar jogging. "Jika asupan ini terlewatkan, otot akan 'menggerutu' saat digerakkan," jelasnya.

Mana yang Lebih Baik, Makan Sebelum atau Sesudah Olahraga?www.gotceleb.com
 

Mungkin akan terasa aneh untuk makan sebelum olahraga, apalagi untuk Bela yang ingin mengurangi berat badan. Namun menyantap karbohidrat kompleks seperti kacang-kacangan, gandum utuh, dan sayuran bertepung dapat memberikan energi, nutrisi, dan serat.

Wanita ini juga menyarankan untuk menghindari makanan lemak sebelum olahraga karena dapat memperlambat proses pencernaan. Sebaiknya, konsumsi makanan protein yang mengandung asam amino untuk mendukung otot tubuh. Hidangan kaya protein yang bisa dimasukkan ke dalam menu berupa ayam atau daging.

Mana yang Lebih Baik, Makan Sebelum atau Sesudah Olahraga?self.com
 

Setelah olahraga, tunggu sekitar 1-2 jam untuk kembali mengonsumsi makanan dan minuman tinggi protein, terutama untuk bodybuilders dan atlet.

Cohen juga mengingatkan untuk menjaga hidrasi tubuh selama berolahraga, sebelum dan sesudahnya. "Keseluruhan sel metabolisme tubuh kita bergantung pada cairan. Performa olahraga, mood, sampai ketajaman mental akan terganggu jika kekurangan air mineral," tegasnya.

Nah, sudah nggak bingung lagi 'kan, Bela? Jadi, penting untuk makan sebelum dan sesudah olahraga, namun menu yang disantap harus makanan penuh nutrisi untuk mendukung kegiatan fisik yang menguras energi.

BACA JUGA: Inilah 3 Penyebab Olahraga Nggak Membuatmu Cepat Kurus