Apa yang selalu kamu rasakan saat sedang menstruasi, Bela? Paling pasti diingat adalah rasa nyeri pada sekitar pinggul yang nggak tertahankan, bukan? Namun selain itu, kamu pasti merasa lebih bergairah untuk bercinta daripada hari-hari sebelumnya. Ada desiran yang membuatmu ingin menjalani sesi intim bersama pasangan.

Apa perasaan ini normal? Mengapa gairah bercinta muncul saat sedang terjadinya periode menstruasi? Jangan bingung, Bela. Cari tahu bersama, yuk!

Merasa Bergairah Saat Sedang Menstruasi? Ini 5 Penyebabnya

Mengutip dari Bustle, munculnya gairah saat sedang menstruasi karena terjadinya pengembangan rahmi dengan darah, dan menekan ujun saraf pada pelvic basin (panggul). Ketika ujung saraf di sekitar vulva terangsang, otak akan mengartikan hal itu sebagai ada sesuatu yang menyetuh di bagian itu.

Merasa Bergairah Saat Sedang Menstruasi? Ini 5 Penyebabnya

Saat menstruasi, ada perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh perempuan. Melansir dari Refinery29, hormon esterogen yang mendorong munculnya gairah seks, akan menurun. Begitu pula dengan hormon progesteron. Seharusnya, jadi nggak bergairah, dong? Nah di sisi lain, hormon testosteron—yang umumnya berjumlah sedikit pada tubuh perempuan—mengalami lonjakan kecil, yang cukup untuk menghidupkan keinginan bercinta dalam diri mereka. Hormon testosteron sendiri adalah hormon pembangkit libido, baik para perempuan maupun pria.

Merasa Bergairah Saat Sedang Menstruasi? Ini 5 Penyebabnya

Hal lain yang memengaruhi munculnya gairah bercinta saat menstruasi adalah fakta kalau seks saat periode ini nggak akan menghasilkan pembuahan. Karena pemikiran itu, kamu merasa lebih santai dan ingin bercinta. Padahal kenyataanya, kemungkinan hamil itu ada, loh. Namun, tingkat keberhasilannya sangat rendah.

Merasa Bergairah Saat Sedang Menstruasi? Ini 5 Penyebabnya

Melansir dari Tonic, sebagian perempuan menganggap kalau seks dapat meredakan rasa sakit PMS, salah satunya keram perut. Pasalnya, seks memberikan rasa nyaman, itu yang kemudian mendorong tingginya gairah bercinta saat sedang menstruasi.

Merasa Bergairah Saat Sedang Menstruasi? Ini 5 Penyebabnya

Para ahli kesehatan sendiri sampai sekarang belum menemukan jawaban pasti akan munculnya gairah seks pada perempuan yang sedang menstruasi. Namun yang pasti, bukan disebabkan faktor tunggal, melainkan gabungan beberapa hal, seperti yang disebutkan sebelumnya.

Para dokter juga mengatakan munculnya gairah seks saat menstruasi ini normal terjadi pada perempuan. Jadi, nggak perlu merasa malu atau khawatir! Nah, bercinta saat sedang menstruasi, aman atau nggak ya?

BACA JUGA: Amankah Berhubungan Seks Saat Haid? Baca 5 Faktanya Yuk