5 Cara Menggunakan Test Pack yang Benar 

Agar hasilnya valid, Bela

5 Cara Menggunakan Test Pack yang Benar 

Bagaimana cara menggunakan test pack yang benar? Jika belum tahu, test pack merupakan alat tes kehamilan. Bentuk alat ini umumnya seperti strip panjang. Namun seiring berjalannya waktu, berbagai merek mengeluarkan desain test pack yang lebih praktis dan lebih canggih dalam penggunaan maupun pemeriksaan hasilnya. Namun jika nggak digunakan dengan benar, tentu hasil pemeriksaan kehamilan menjadi kurang akurat, Bela.

Test pack bekerja dengan membaca kadar hormon hCG (human chorionic gonadotropin) yang ada dalam air seni atau urin. Jika urin mengandung hCG, test pack akan menunjukkan 2 garis merah yang menunjukkan hasil positif hamil. Jika menunjukkan 1 garis merah, tandanya negatif alias nggak sedang hamil.

Meski petunjuk penggunaannya mudah, seringkali banyak perempuan keliru dalam menggunakan test pack. Karena itu, penting untuk mengetahui cara menggunakan test pack yang benar. Simak selengkapnya di sini.

1. Memilih test pack yang baru dan memiliki sensitivitas tinggi

5 Cara Menggunakan Test Pack yang Benar 

Test pack dapat kamu beli di mana saja, kok. Namun, pastikan kamu memilih test pack yang baru dan nggak kedaluwarsa. Sebab jika sudah kedaluwarsa, tingkat keakuratannya akan berkurang sehingga dapat memberikanmu hasil pemeriksaan yang kurang valid.

Selain itu, pilih test pack yang memiliki tingkat sensitivitas tinggi karena dapat mendeteksi kadar hormon hCG yang umumnya rendah di usia awal kehamilan. Ada beragam jenis test pack yang tersedia, mulai dari strip hingga berbentuk digital. Pilih yang paling nyaman dan paling sensitif untuk kamu gunakan.

2. Menggunakan test pack di waktu yang tepat

Kamu memang dapat menggunakan test pack kapan saja, Bela. Namun, tahukah kamu kalau pemilihan waktu juga berperan penting pada hasil yang ditunjukkan alat uji kehamilan ini? Jika menggunakannya beberapa hari setelah berhubungan seksual, kemungkinan hasilnya akan menunjukkan negatif karena rendahnya kadar hormon hCG dalam urin. 

Karena itu, sangat disarankan untuk menguji kehamilanmu ketika mengalami terlambat menstruasi 1-2 hari atau 1-2 minggu setelah berhubungan seksual. Kalau ingin hasil yang lebih akurat, cara menggunakan test pack yang benar adalah setelah mengalami terlambat menstruasi 1-2 minggu lamanya.

  • Share Artikel

TOPIC

    trending

    Trending

    This week's horoscope

    horoscopes

    ... read more

    See more horoscopes here