Yoga adalah latihan kebugaran yang menggabungkan seni olah tubuh dan meditasi. Gerakannya bervariasi dari latihan sederhana hingga pose yang membutuhkan kelenturan otot ekstra.

Selain baik untuk kesehatan tubuh, wanita yang rutin berlatih yoga bisa mendapatkan menfaat ekstra. Beberapa gerakan yoga ampuh mengencangkan payudara secara alami lho. Coba sepuluh gerakan yoga di bawah ini, yuk!

1. Forward bend

10 Gerakan Yoga yang akan Membuat Payudara Semakin Kencangworldpeaceyogaschoolindia.wordpress.com

Gerakan forward bend mestinya dilakukan dengan posisi berdiri, tubuh bagian atas melipat ke bawah hingga kepala menyentuh lutut. Tapi akan sangat susah dilakukan bagi pemula. 

Nah, kamu yang sedang coba-coba bisa melakukannya dalam posisi duduk. Lipat tubuh ke depan hingga wajah menyentuh lutut, jadikan kedua siku tangan sebagai penyangga.

2. Standing back bend

10 Gerakan Yoga yang akan Membuat Payudara Semakin Kencangbeta.yogatoday.com

Berlawanan dengan forward bendstanding back bend lebih maksimal melatih otot dada dan perut. Untuk pemula, kedua tanganmu bisa bertumpu pada tembok datar untuk menjaga keseimbangan.

3. Warrior 1

10 Gerakan Yoga yang akan Membuat Payudara Semakin Kencangartofliving.org

Latihan yang satu ini relatif mudah dipraktikkan nih. Pastikan kaki yang di depan membentuk sudut 90 derajat ya di bagian lutut. Kaki belakang bertumpu pada telapak, kedua tangan diangkat lurus ke atas dengan dada membusung.

4. Reverse plank

10 Gerakan Yoga yang akan Membuat Payudara Semakin Kencangpineappleyogastudio.net

Gerakan ini melatih kekuatan otot paha, perut, dada dan lengan sekaligus. Untuk pemula, coba dengan telapak kaki yang sedikit terangkat dengan tumit sebagai tumpuan.

Kamu juga gak harus langsung bisa mengangkat tubuh tinggi-tinggi. Pastikan bagian otot perut dan dada terasa cukup tertarik.

5. Pigeon

10 Gerakan Yoga yang akan Membuat Payudara Semakin Kencanggaia.com

Gerakan ini hampir sama seperti upward facing dog. Bedanya, sebelah kaki ditekuk ke samping dalam dengan dada lebih membusung. Latihan ini bagus untuk mengencangkan bokong juga lho!

6. Sphinx

10 Gerakan Yoga yang akan Membuat Payudara Semakin Kencangworldpeaceyogaschool.com

Wah, kalau gerakan yang satu ini gampang banget dipraktekkin. Pose sphinx hampir mirip dengan upward facing dog dengan posisi tangan dilipat. Gerakan ini lebih mudah dilakukan untuk pemula, tapi tetap optimal melatih otot dada.

7. Upward facing dog

10 Gerakan Yoga yang akan Membuat Payudara Semakin Kencangyogajournal.com

Gerakan ini bagus banget buat melatih otot dada dan perut. Pastikan kakimu lurus saat melakukannya.

8. Standing half forward bend

10 Gerakan Yoga yang akan Membuat Payudara Semakin Kencangyogajournal.com

Buat kamu yang kesulitan mempraktikkan gerakan forward bend, bisa menjajal half standing forward bend terlebih dahulu. Gerakan ini melatih kelenturan otot dada, perut dan paha.

9. Triangle

10 Gerakan Yoga yang akan Membuat Payudara Semakin Kencangmilenio.com

Pose triangle juga relatif mudah dilakukan. Tantangannya ada di sebelah tangan yang harus menyentuh jari kaki.

10. Downward facing dog

10 Gerakan Yoga yang akan Membuat Payudara Semakin Kencanggaia.com

Pose downward facing dog melatih kelenturan otot kaki dan dada. Untuk pemula gak harus langsung membentuk sudut 60 derajat sempurna di bagian pinggang. 

Posisikan tubuhmu sedikit lebih landai, asal tetap bertumpu pada telapak kaki bukan berjinjit.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Latihan Yoga Bikin Payudara Kencang Alami, Cobain 10 Gerakan Ini"