Setiap perempuan tentunya ingin memiliki tubuh yang bersih dan cerah, termasuk bagian ketiak. Ketiak yang gelap atau hitam merupakan salah satu hal yang terkadang membuat kepercayaan diri kita menurun ketika ingin memakai pakaian tanpa lengan. Apa kamu salah satunya yang seperti itu? Banyak lho ternyata faktor-faktor yang membuat ketiak kamu tampak gelap seperti misalnya penumpukan sel kulit mati, pakaian yang terlalu ketat, dan iritasi ketika mencabut bulu ketiak.

Jangan khawatir, karena banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mencerahkan ketiak kamu lho, tentunya dengan bahan-bahan alami yang bisa meminimalisir efek samping penggunaannya. Berikut adalah beberapa bahan-bahan alami yang dapat kamu coba.

1. Mentimun

5 Bahan Alami yang Dapat Membantu Mencerahkan Ketiakdoktersehat.com

Dengan sensasi menyegarkan yang terkadung di dalam mentimun dapat mencerahkankan kulit ketiak, mengurangi minyak, dan menghilangkan noda-noda hitam pada kulit. Parut mentimun sampai halus kemudian oleskan parutan timun tersebut ke ketiak kalian lakukan setelah mandi. Oleskan mentimun dua kali sehari agar hasil memuaskan lebih cepat.

2. Kunyit

5 Bahan Alami yang Dapat Membantu Mencerahkan Ketiakcairofood.id

Kunyit memang sudah dipercaya untuk mencerahkan kulit tak terkecuali adalah kulit ketiak. Karena dalam kandungan kunyit terdapat curcumin dan antioksidan dan senyawa untuk mencerahkan kulit. Untuk pemakaian gunakan kunyit bubuk, kemudian campurkan dengan jeruk nipis dan madu. Setelah semuanya tercampur, oleskan ke ketiak kamu dan diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

3. Lidah Buaya

5 Bahan Alami yang Dapat Membantu Mencerahkan Ketiakbuffalomorningstar.com

Untuk penggunaan bahan yang satu ini, gunakan lidah buaya asli jangan yang sudah dikemas menjadi produk kecantikan. Selain dapat mencerahkan kulit ketiak, lidah buaya juga bisa menetralisir luka akibat iritasi seperti mencabut bulu ketiak. Mudah kok caranya, ambil getah berlendir yang ada di dalam lidah buaya pisahkan dari kulit yang berwarna hijaunya itu, kemudian oleskan lendir tersebut ke ketiak kamu lalu diamkan sampai kering lalu bilas dengan air. Oleskan lidah buaya dua kali sehari sehabis mandi.

4. Minyak Zaitun

5 Bahan Alami yang Dapat Membantu Mencerahkan Ketiakoliviaevoo.com

Dalam minyak zaitun terdapat kandungan vitamin E yang dapat memberikan kelembapan pada kulit, mencerahkan kulit, dan mengangkat sel kulit  mati. Caranya dengan mengoleskan minyak zaitun ke ketiak , diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air dingin. Gunakan secara teratur sebelum mandi.

5. Kulit Jeruk

5 Bahan Alami yang Dapat Membantu Mencerahkan Ketiakanamariabraga.globo.com

Bahan yang mudah dicari ini dapat mencerahkan kulit ketiak karena kandungan asamnya yang bisa mengangkat sel kulit mati dengan proses pengelupasan. Pisahkan kulit jeruk dengan jeruknya, kemudian keringkan kulit jeruk tersebut sampai kering. Setelah kering haluskan kulit jerung kering itu menggunakan blender sampai menjadi bubuk. Campurkan bubuk kulit jeruk tersebut dengan susu sapi murni dan setelah tercampurkan gosokkan campuran tersebut di ketiak kamu selama 10 menit dan bilas dengan air. Pakai campuran kulit jeruk ini minimal tiga kali dalam seminggu.

Dengan dana yang sedikit dan mudah didapat, cara-cara di atas bisa kamu coba di rumah ya, Bela!

Baca Juga: Ternyata, Ini Gerakan Mencukur Bulu Ketiak yang Baik dan Benar