Ini Alasan Kenapa Puasa Bisa Menyebabkan Bau Mulut

Pahami penyebab dan cara mengatasinya!

Ini Alasan Kenapa Puasa Bisa Menyebabkan Bau Mulut

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Bukan hal yang asing saat sedang berpuasa, sebagian dari kita akan merasakan bau tidak sedap pada mulut. Ternyata, kondisi bau mulut saat berpuasa memang normal terjadi.

Walaupun umum dialami, tetap saja bau mulut bisa membuat beberapa orang menjadi kurang percaya diri dan tidak nyaman saat berbicara dengan orang lain. Sebenarnya, mengapa puasa menyebabkan bau mulut? Agar tidak penasaran lagi, baca terus penjelasan berikut!

1. Bau mulut

Dilansir WebMD, bau mulut dapat disebabkan oleh kebiasaan perawatan kesehatan mulut yang buruk, adanya masalah kesehatan tertentu, atau gaya hidup tidak sehat. Kondisi mulut yang bau akan membuat kita jadi tidak percaya diri saat mengobrol dengan orang lain.

Hal itulah yang membuat sebagian orang dengan bau mulut menemui dokter. Masalah bau mulut dapat berlangsung sementara, tetapi bisa juga berlangsung dalam jangka panjang.

2. Alasan puasa menyebabkan bau mulut

Saat berpuasa, rasanya bau mulut telah dianggap sebagai sesuatu yang normal. Dibanding ketika sedang tidak berpuasa, kondisi mulut menjadi lebih berbau tidak sedap saat sedang berpuasa.

Ketika kita puasa, asupan cairan akan berkurang. Kondisi ini menyebabkan produksi saliva atau air liur juga menjadi menurun. Mengutip WebMD, saliva berfungsi untuk melembapkan rongga mulut, menetralkan asam yang diproduksi oleh plak, dan membilas sel-sel mati pada lidah, gusi, dan pipi.

Dengan menurunnya produksi saliva, maka sel-sel mati terakumulasi akan diurai oleh bakteri. Penguraian oleh bakteri ini akan menghasilkan gas yang berbau tidak sedap sehingga menimbulkan bau mulut.

Adanya sisa makanan menjadi tempat yang disukai bakteri, sehingga bakteri bertambah banyak. Selain itu, saat berpuasa, tubuh akan memanfaatkan cadangan lemak menjadi energi. Pemecahan lemak menjadi energi menyebabkan munculnya gas yang berbau tidak sedap.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here