Satu kebiasaan yang masih sering dilakukan banyak orang adalah menahan buang air kecil. Sebenarnya banyak faktor yang mendorong seseorang untuk menahan rasa ingin buang air kecilnya. Mulai dari toilet umum yang tidak bersih, malas antre, bahkan tidak ada air. Padahal sebenarnya, kebiasaan ini sangat tidak baik bagi tubuh dan jika dibiarkan akan berdampak bagi kesehatan tubuh khususnya organ ekskresi. Coba cek dampaknya di bawah ini deh!

5 Bahaya yang Mengancam Jika Terlalu Sering Menahan Buang Air Kecil

Urin yang tertahan pada kantung kemih dalam waktu yang lama dapat memicu munculnya infeksi pada saluran kemih. Hal ini terjadi karena bakteri telah menguasai saluran kemih yang menimbulkan berbagai gejala seperti perasaan ingin buang air kecil terus atau anyang-anyangan, nyeri panggul, hingga saluran kemih yang terasa panas. Infeksi saluran kemih juga bisa terjadi ketika kamu tidak menyelesaikan urusan buang air kecilmu hingga tuntas.

5 Bahaya yang Mengancam Jika Terlalu Sering Menahan Buang Air Kecil

Mengutip pernyataan dari seorang dokter naturopati pada Huffington Post, Dr. Chamandeep Bali, semakin sering seseorang menahan urinnya, akan membuat kandung kemih menjadi kendur. Tidak hanya itu, kebiasaan ini juga membuat otak kehilangan kemampuannya untuk mengetahui kapan waktu untuk buang air kecil. Bahkan ketika waktunya untuk membuang air kecil, orang tersebut dapat merasa kesulitan.

5 Bahaya yang Mengancam Jika Terlalu Sering Menahan Buang Air Kecil

Bukan tidak mungkin orang dewasa mengompol di celana. Kebiasaan menahan pipis bisa membuat seseorang kehilangan kontrolnya untuk mengatur keadaan kapan dirinya siap untuk pipis. Ada kemungkinkan ketika ia belum sampai di toilet untuk menyelesaikan urusan buang air kecilnya ia justru sudah pipis duluan dan mengompol.

5 Bahaya yang Mengancam Jika Terlalu Sering Menahan Buang Air Kecil

Kasus ini memang terbilang jarang, namun tetap harus berhati-hati agar hal ini tidak terjadi. Khususnya mereka yang sudah memiliki perhatian khusus pada kantung kemihnya. Kantung kemih memiliki kemampuan untuk menahan sejumlah urin. Pada orang dewasa volume kantung kemih sekitar 2 gelas air. Jika urin ditahan terlalu lama dan terus bertambah volumenya, dapat meningkatkan risiko terjadinya hal ini.  

5 Bahaya yang Mengancam Jika Terlalu Sering Menahan Buang Air Kecil

Urin adalah salah satu produk sekresi yang berfungsi untuk mengeluarkan sampah dan racun dari dalam tubuh. Jika proses pengeluarannya terhambat atau sengaja dihambat,  limbah yang terkandung dalam darah akan mengkristal dan menumpuk seiring berjalannya waktu. Jika kamu merasakan sakit terus menerus pada bagian bawah punggung dan mual, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Mau terhindar dari berbagai kondisi di atas? Coba untuk berhenti dari kebiasaan menahan pipis, ya!

 



Penulis: Filza Intan Mariezka

BACA JUGA: Tanpa Disadari, 7 Kebiasaan Ini Membahayakan Kesehatan Tubuhmu