Mandi merupakan kegiatan yang menimbulkan efek relaksasi dan menenangkan. Maka dari itu, tak heran jika banyak orang yang rela menghabiskan waktu yang cukup lama di kamar mandi, khususnya di malam hari. Setelah seharian beraktivitas, mandi adalah kegiatan yang dapat menenangkan pikiran dan melepaskan stres sejenak. Tapi, kira-kira apa saja ya dampak dari mandi terlalu lama? Baca artikel di bawah ini ya, Bela!

1. Merelaksasi otot

Ini Dampak yang akan Terjadi Jika Mandi Terlalu Lamacodestudio360.com

Manfaat dari mandi dengan air hangat dengan waktu yang lama adalah dapat mengurangi ketegangan pada otot dan memberikan efek rileks pada tubuh. Kondisi otot yang rileks dapat mengurangi tingkat stres serta ketegangan saraf.

2. Meningkatkan kewaspadaan

Ini Dampak yang akan Terjadi Jika Mandi Terlalu Lamaindependent.co.uk

Mandi dengan waktu yang lama menggunakan air dingin, dapat memingkatkan level kewaspadaan seseorang, memperlancar sirkulasi darah, dan mempercepat penyembuhan otot. 

3. Memicu rasa gatal pada kulit

Ini Dampak yang akan Terjadi Jika Mandi Terlalu Lamatoday.com

Mandi dengan air panas memang dapat membuat badan menjadi rileks. Tapi hati-hati, jika terlalu lama justru akan menimbulkan rasa gatal pada kulit yang diikuti dengan kulit yang kering, pecah-pecah, bahkan iritasi. Untuk mencegahnya, kamu bisa mengurangi tingkat temperatur air ketika mandi agar tetap merasa nyaman ketika dan setelah mandi.

4. Menghilangkan pelindung alami kulit

Ini Dampak yang akan Terjadi Jika Mandi Terlalu Lamaherworld.com

Berlama-lama ketika mandi memang dapat memberi rasa nyaman bagi tubuh. Sayangnya, hal ini tidak memberi rasa nyaman pada kulit, apalagi jika menggunakan air panas. Mandi dengan durasi waktu yang lama dapat mengganggu kestabilan pelindung alami kulit dan kelembapannya. Pelindung kulit berperan sangat penting dalam mencegah iritasi pada kulit dan mengurangi gejala gatal-gatal, kulit kering, terbakar, dan rasa tidak nyaman pada kulit.

5. Membuat pusing

Ini Dampak yang akan Terjadi Jika Mandi Terlalu Lamaracked.com

Terlalu lama di bawah pancuran air dapat membuat seseorang justru merasa pusing. Tekanan darah akan cenderung turun ketika berdiri terlalu lama di bawah shower disertai melebarnya pembuluh dari akibat air panas. Jika kamu memiliki masalah serius dengan jantung atau tekanan darah, segera konsultasikan kondisi ini pada dokter agar dapat segera mendapat penanganan yang tepat.

6. Menimbulkan kemerahan pada kulit

Ini Dampak yang akan Terjadi Jika Mandi Terlalu Lamahuffingtonpost.com

Efek yang ditimbulkan dari melebarnya pembuluh darah  adalah munculnya kemerahan pada kulit. Jika kulit wajah berada pada kondisi memiliki jerawat yang aktif, pelebaran pembuluh darah ini akan membuat daerah di sekitar jerawat terlihat semakin merah. Untuk mengurangi kemerahan ini, yang bisa kamu lakukan adalah mengurangi tingkat panas air dan durasi waktu ketika mandi.

Semoga bermanfaat ya untuk Bela,ya!

 

 

Penulis: Filza Intan Mariezka

BACA JUGA: 11 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mandi