Menjaga kesehatan dimulai dari menjaga kebersihan tangan. Cara terbaik untuk membersihkan tangan adalah dengan mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, khususnya sebelum makan. Dalam keadaan darurat, banyak orang yang menggantikan kegiatan mencuci tangan dengan menggunakan hand sanitizer.

Hand sanitizer dipilih karena dapat membersihkan tangan secara praktis dalam sekejap. Yang harus diperhatikan adalah hand sanitizer merupakan cairan yang biasanya berbahan dasar alkohol dengan berbagai bentuk atau yang tidak berbahan dasar alkohol namun mengandung triclosan. Dalam dunia kesehatan, triclosan masih menimbulkan pertanyaan dalam penelitian dan diskusi akan dampaknya pada kesehatan. Agar dapat lebih berhati-hati, coba simak artikel berikut untuk tahu apa saja bahaya dari menggunakan hand sanitizer.

Nggak Selamanya Aman, Ini Dampak Buruk di Balik Penggunaan Hand Sanitizer

Antibotik sangat ampuh dalam melawan dan mematikan bakteri. Tapi, pernah kepikiran nggak kalau tubuh kita bisa jadi kebal dengan antibiotik atau bahkan bakterinya. Penggunaan hand sanitizer juga dapat menurunkan kekebalan terhadap penyakit karena terbunuhnya bakteri baik sedangkan bakteri jahat dalam kondisi terlindungi. Terlalu banyak menggunakan antibiotik yang tidak tepat dapat menyebabkan resistensi bakteri terhadap antibiotik dan membuatnya sulit untuk diobati.

Nggak Selamanya Aman, Ini Dampak Buruk di Balik Penggunaan Hand Sanitizer

Zat aktif yang terkandung dalam cairan hand sanitizer biasanya adalah jenis alkohol yang berperan sebagai antimicrobial yang dapat membunuh bakteri. Diketahui pada Maret 2012, 6 orang remaja di California dilarikan ke rumah sakit akibat keracunan alkohol yang terkandung dalam hand sanitizer. Kandungan alkohol dalam hand sanitizer pada beberapa semprot saja sama dengan beberapa shot alkohol.

Nggak Selamanya Aman, Ini Dampak Buruk di Balik Penggunaan Hand Sanitizer

Organisasi pengawas obat dan makanan (FDA) di Amerika menyatakan, bahwa ada penelitian yang menunjukkan bahwa triclosan dapat menyebabkan gangguan hormonal dan menyebabkan bakteri beradaptasi dengan sifat antimikrobanya. Dampaknya adalah menciptakan lebih banyaknya resisten antibiotik. Ditambah lagi penelitian pada hewan menunjukkan bahwa senyawa tersebut dapat mengubah cara kerja hormon dalam tubuh.

Nggak Selamanya Aman, Ini Dampak Buruk di Balik Penggunaan Hand Sanitizer

Penelitian telah menunjukkan bahwa triclosan juga dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh, yang melindungi tubuh kamu terhadap penyakit. Penelitian lainnya menemukan, anak-anak dan remaja dengan tingkat triclosan yang lebih tinggi lebih mungkin didiagnosis dengan demam dan alergi lainnya.

Nggak Selamanya Aman, Ini Dampak Buruk di Balik Penggunaan Hand Sanitizer

Jika kamu memiliki hand sanitizer dengan aroma tertentu, kemungkinan besar produk tersebut mengandung bahan-bahan kimia beracun. Pewangi sintetis mengandung ftalat, yang merupakan pengganggu endokrin yang meniru hormon dan dapat mengubah perkembangan genital. Yang harus diperhatikan juga adalah kandungan paraben pada produk tersebut yang digunakan memperpanjang umur simpan suatu produk.

Nah, itu tadi lima dampak yang mungkin terjadi jika kamu terlalu sering menggunakan hand sanitizer. Bukan berarti nggak boleh dipakai, tapi pastikan kamu memakainya dalam batas wajah yah, Bela. Semoga artikelnya bermanfaat!

 

Penulis: Filza Intan Mariezka


BACA JUGA: Pembersih Wajahmu Mengandung Microbeads? Cek Bahayanya di Sini!