Bela, olahraga itu memang penting untuk kesehatan badan kamu. Tapi, kamu pernah nggak sih ngerasa nyeri sehabis berolahraga? Rasanya sangat nggak nyaman, kan? Alih-alih berolahraga supaya badan lebih bugar, justru ini membuat badan kamu terasa nyeri dan pegal-pegall.

Tapi tenang Bela jangan khawatir, Popbela kasih tips menghilangkan nyeri setelah berolahraga nih! Mudah banget kok caranya Bela pasti bisa ikuti langkahnya. Maka dari itu simak cara atau tips nya berikut ini ya!

1. Kompres Air Dingin

5 Tips Menghilangkan Nyeri Setelah Berolahraga, Mudah Kok!

essentialoilsanctuary.com

Mendinginkan bagian yang terasa nyeri akan membantu otot untuk menyamarkan rasa nyeri. Hal yang sama bisa dilakukan dengan memijat untuk meredakan area yang bengkak dan kaku pada otot.

2. Hindari Makanan Tinggi Kolesterol

5 Tips Menghilangkan Nyeri Setelah Berolahraga, Mudah Kok!

howtoxp.com

Ternyata makanan yang kamu makan itu bisa memengaruhi penyembuhan rasa nyeri pada otot dengan menghindari makanan yang mengandung tinggi kolesterol dan garam, seperti daging dan makanan yang diasinkan. Lebih baik kamu memakan makanan yang mengandung rendah kolesterol karna dapat membantu mengatasi rasa nyeri dan pegal-pegal pada tubuhmu, seperti minyak zaitun, ikan, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

3. Minum Cukup Air

 

Keadaan tubuh yang kekurangan air akan menghambat jaringan otot untuk sembuh. Oleh karena itu, kamu memerlukan asupan air yang cukup sekitar 2,5 liter per hari jika kamu mengalami nyeri pada otot.

4. Perbaikan Aliran Darah

5 Tips Menghilangkan Nyeri Setelah Berolahraga, Mudah Kok!gymlion.com
 
Dianjurkan bagi kamu sebelum berolahraga untuk melakukan gerakan pemanasan dan gerakan pendinginan setelahnya. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki aliran darah kamu.

5. Penggunaan Obat Nyeri

5 Tips Menghilangkan Nyeri Setelah Berolahraga, Mudah Kok!www.thesun.co.uk
 

Kamu juga bisa mengoleskan obat nyeri, seperti balsam, di sekitar area yang mengalami nyeri. Efek relaksasinya akan membantumu melancarkan aliran darah dan mempercepat penyembuhan rasa nyeri, Bela.

Itulah cara atau tips menghilangkan rasa nyeri pegal-pegal saat kamu melakukan olahraga. Gampang kan caranya? Semoga bisa membantu dan bermanfaat ya untuk Bela!

Ditulis oleh: Salsabil Nabila Afhani

 

BACA JUGA : Redakan Nyeri Haid dengan 4 Jenis Olahraga ini