Siapa sih yang nggak mau kalau mulutnya segar dan terjaga sepanjang hari? Ini semua tergantung dari apa yang kamu konsumsi, Bela. Menurut para ahli gigi, beberapa hal di bawah ini ada yang nggak baik dan yang baik untuk kamu konsumsi karena bisa membantu kamu supaya nggak bau mulut. Apa saja ya? Yuk simak cara menghilangkan bau mulut secara alami dibawah ini!

Tips dan Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

1. Memakan makanan yang mengandung karbohidrat tapi diseimbangkan dengan lemak dan protein

Biar Nggak Bau Mulut, Baiknya Kamu Konsumsi Ini, Bela!azdailysun.com
 
Brokoli, wortel, ubi jalar, dan buah segar termasuk daftar makanan yang wajib masuk ke dalam makanan kamu, Bela. Hal ini diperlukan untuk menyeimbangkan lemak yang ada dalam tubuh dan tentunya untuk membuat nafas yang lebih baik.

2. Jangan lupakan sayur-sayuran

Biar Nggak Bau Mulut, Baiknya Kamu Konsumsi Ini, Bela!www.mulher.com.br
 
Yang paling utama adalah mengonsumsi sayur-sayuran berwarna hijau, jadi asam penyebab nafas dalam tubuhmu bisa terkontrol dengan baik.

3. Konsumsi apel, seledri, dan wortel

Biar Nggak Bau Mulut, Baiknya Kamu Konsumsi Ini, Bela!food52.com
 
Faktanya, tekstur apel, seledri, dan wortel bisa menghilangkan sisa makanan yang tersembunyi di sela-sela gigi kamu dan dapat menyingkirkan bakteri yang ada.

4. Minum setidaknya 1,5 liter air mineral per hari

Biar Nggak Bau Mulut, Baiknya Kamu Konsumsi Ini, Bela!www.selectscience.net
 
Air mineral memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya untuk menghilangkan bakteri yang ada di dalam mulut. Lebih baik, kamu jangan mengonsumsi minuman soda, dan beberapa es teh kemasan yang diawetkan dengan asam sitrat, karena nggak hanya bisa menyebabkan bau mulut, tapi juga bisa menghilangkan lapisan enamel pada gigi kamu, Bela.

5. Minum lebih banyak jus hijau dan sedikit kopi

Biar Nggak Bau Mulut, Baiknya Kamu Konsumsi Ini, Bela!www.funcamama.org
 
Cara menghilangkan bau mulut secara alami yang selanjutnya adalah minum jus hijau. Jus hijau mengandung kadar asam yang rendah, sedangkan kopi mengandung kadar asam dengan jumlah yang tinggi, yang sudah pasti bisa menyebabkan bau mulut.

6. Kunyah daun mint segar atau peterseli

Biar Nggak Bau Mulut, Baiknya Kamu Konsumsi Ini, Bela!www.huffingtonpost.co.uk
 
 
Jika kamu ingin memanfaatkan bahan alami, selipkan daun mint segar atau peterseli ke dalam roti kamu. Daun mint sendiri bisa membantu menyegarkan nafas kamu, sedangkan peterseli mengandung klorofil yang bisa bekerja melawan pembentukan senyawa sulfur penyebab bau mulut.

7. Kunyah permen karet tanpa gula yang mengandung xylitol

Biar Nggak Bau Mulut, Baiknya Kamu Konsumsi Ini, Bela!koreabizwire.com
 
Mengunyah permen karet tanpa gula dengan kandungan xylitol dapat meningkatkan aliran air liur dan membantu menghilangkan beberapa bakteri. Selain itu, permen ini juga bisa memperbaiki kesehatan gigi dan gusi kamu, Bela.

8. Singkirkan rokok!

Biar Nggak Bau Mulut, Baiknya Kamu Konsumsi Ini, Bela!time.com
 
Merokok nggak hanya bisa membuat kering jaringan mulut dan tubuh kamu, kandungan nikotin di dalam rokok sebenarnya bisa mengurangi pembuluh darah sehingga kamu nggak mendapatkan aliran air liur yang sehat. Hal ini lah yang menyebabkan bau nafas.

9. Oleskan lip gloss rasa

Biar Nggak Bau Mulut, Baiknya Kamu Konsumsi Ini, Bela!www.spoonforkbacon.com
 
Lip gloss yang mengandung rasa memang nggak akan mengubah nafas bawang putih menjadi nafas wangi, tapi seenggaknya ini akan membantu mengatasi bau mulut sampai kamu  mendapatkan kesempatan untuk menyikat gigi.
 
Itulah cara menghilangkan bau mulut secara alami, semoga bermanfaat.

Ditulis oleh: Salsabil Nabila Afhani