Kulit wajah serta tubuh membutuhkan perawatan untuk hasil kesehatan dan kebaikan penampilan. Seringkali kita sudah menggunakan skincare untuk wajah dengan tepat, tetapi kita tidak melakukan yang sama pada kulit tubuh kita.

Kalau begitu, sama saja tidak seimbang. Sering kita lupakan, bagian kecil dari tangan juga yaitu kuku, jarang sekali diperhatikan. Kita fokus untuk mempercantik kuku dengan nail polish, tapi tidak merawatnya dengan baik sehingga kuku menjadi kusam, lemah dan rusak seiring dengan usia. Sebelum terjadi, yuk kita cegah dari sekarang dengan cara ini, Bela!

1. Re-apply lotion atau hand cream setiap dibutuhkan

4 Tips Mudah untuk Kuku yang Sehat dan Kuatpinterest.com

Perlu lho bagi kamu untuk re-apply lotion atau hand cream, terutama pada saat habis mandi dan mencuci tangan. Ketika mencuci tangan, kulit tangan dan juga kukumu akan kembali menjadi kering. Untuk itu, dibutuhkan pelembap agar tangan dan juga kuku kembali halus.

2. Mengonsumsi vitamin B12 dan protein

4 Tips Mudah untuk Kuku yang Sehat dan Kuatamazon.com

Apakah konsumsi Vitamin B12 kamu sudah cukup Bela? Kalau sudah, ada kabar baik untuk kamu. Sebuah studi dari The Journal of Cosmetic Demarology menemukan bahwa mengonsumsi vitamin B12 sebanyak 2.5 mg dapat menguatkan kuku yang rapuh dan memperbaiki tekstur kuku.

3. Mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi

4 Tips Mudah untuk Kuku yang Sehat dan Kuatdok. internet

Makanan berzat besi seperti dark chocolate, kacang putih mengandung zat besi yang sangat baik untuk merawat kuku kamu. Zat besi membentuk hemoglobin dengan mengangkut sel darah merah dan oksigen segar ke dalam kuku.

4. Menggunakan base coat sebelum kuteks

4 Tips Mudah untuk Kuku yang Sehat dan Kuatshefinds.com

Jika kamu cukup rajin menggunakan kuteks, pastikan selalu mengaplikasikan base coat terlebih dahulu. Base coat akan membantu mencegah kuku menjadi kuning akibat zat pewarna dari kuteks serta membantu kuku agar tampak mengilap dan tidak mudah rapuh.

 

 

Penulis: Kerene Jesica

Baca Juga: 9 Inspirasi Manicure Pernikahan yang Cantik untuk Kuku Jemarimu