Sakit perut dan mood swing, gejala tersebut seringkali terjadi pada perempuan yang sedang mengalami periode menstruasi. Kamu pasti pernah kan mengalaminya? Jangan takut, gejala tersebut wajar dialami kok. Tapi kamu juga perlu tahu ya  sampai mana batasnya. Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai gejala lainnya, simak terus ya Bela! 

Nggak Usah Parno, 5 Gejala Ini Wajar Terjadi Saat Menstruasi

Payudara yang kamu rasakan sakit, bengkak atau membesar itu bukan sugesti lho, Bela. Ketika kamu sedang menstruasi, tingkat estrogen dalam tubuhmu meningkat. Itulah yang membuat payudaramu terasa padat bahkan bengkak. Nyeri payudara yang bisa disebut mastalgia ini bisa menyebar sampai ke ketiak bahkan lengan. Kamu bisa mengurangi rasa sakitnya dengan menggunakan support bra yang akan menjaga payudaramu agar nggak tidak mudah bergerak akibat goyangan.

Nggak Usah Parno, 5 Gejala Ini Wajar Terjadi Saat Menstruasi

Yang satu ini memang paling sering terjadi nih di kala menstruasi. Dismenore atau menstruasi yang diikuti dengan rasa sakit ini biasanya meliputi nyeri perut bagian bawah. Nyeri perut ini biasanya disertai dengan nyeri di bagian lain seperti punggung dan paha. Sakit perut saat menstruasi terjadi karena kontraksi di dalam rahim atau kandungan yang dipicu oleh hormon prostaglandin. Secara wajar, kadar hormon ini akan meningkat sebelum menstruasi. 

Nggak Usah Parno, 5 Gejala Ini Wajar Terjadi Saat Menstruasi

Kadar minyak yang ada pada wajah kita juga dipengaruhi oleh hormon. Ada saatnya sewaktu menstruasi hormon meningkat dan menyebabkan kenaikan kadar minyak di wajah. Itulah yang menyebabkan minyak tersumbat di dalam pori-pori dan tumbuh menjadi jerawat. Khususnya bagi pemilik wajah sensitif, kamu perlu melakukan perawatan wajah ekstra pada saat menjelang haid atau pada saat haid berlangsung.

Nggak Usah Parno, 5 Gejala Ini Wajar Terjadi Saat Menstruasi

Pada saat menstruasi, terjadi keseimbangan hormon di dalam tubuh. Hormon serotonin yang dapat menaikan rasa bahagia ini juga mengalami gejolak naik turun. Oleh karena itu, wajar jika pada saat haid kamu bisa merasakan senang, tiba-tiba sedih, bahkan beberapa saat kemudian menjadi depresi. Kamu bisa mengatasi hal ini dengan beristirahat atau makan-makanan yang meningkatkan mood.

Nggak Usah Parno, 5 Gejala Ini Wajar Terjadi Saat Menstruasi

Ingin makan ini itu, hal ini wajar terjadi pada saat menstruasi, nggak cuma kamu lho yang mengalaminya. Ketagihan makan berkaitan dengan mood swing yang terjadi pada saat menstruasi. Tubuh lebih banyak membutuhkan makanan terutama makanan yang manis dan berlemak.  Tipe makanan ini dapat menaikkan rasa bahagia lho. Eits, tapi jangan banyak-banyak ya, Bela!

Kelima gejala di atas memang wajar terjadi. Tapi, jika sampai gejala yang kamu alami berlebihan dan membuatmu terganggu, kamu bisa konsultasi ke dokter yang memang ahli di bidangnya. 

 

Penulis: Kerene Jesica 

Baca Juga: Begini Cara Mengatasi Masalah Yang Sering Dialami Saat Menstruasi