Siklus mentruasi terkadang bisa datang lebih cepat atau lebih lambat dengan perbedaan yang berkisar antara 20 sampai 45 hari. Di saat ini lah, masa ovulasi atau pelepasan sel telur dari ovarium akan terjadi dan dinding rahim akan menebal. Biasanya, ada pantangan-pantangan yang harus dihindari saat sedang menstruasi. Bela, apa kamu termasuk salah satu yang memercayai fakta dan mitos saat masa menstruasi, misalnya pantangan untuk berolahraga?

Bahaya Nggak Sih Berlari Saat sedang Menstruasi? www.bbc.com
 
Terkadang, masa menstruasi menghambat kamu untuk melakukan aktivitas olahraga. Itu salah besar, Bela! Kamu bisa banget melakukan olahraga ringan, seperti lari. Berlari saat menstruasi justru bisa membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Hanya saja, dengan keluarnya darah dari dalam tubuh, kamu akan mengalami peningkatan dehidrasi. Untuk mengatasi hal ini, tentu saja kamu harus selalu membawa asupan minum. Selain itu, tubuh juga akan terasa lebih cepat lelah dikarenakan hormon estrogen dalam tubuh akan menurun sehingga menjadi sulit untuk mengambil lemak sebagai sumber energi.
 
Bahaya Nggak Sih Berlari Saat sedang Menstruasi? breakingmuscle.com
 
Jangan karena kamu sedang dalam masa haid, kamu jadi membatasi aktivitasmu, Bela. Justru dengan berlari, tubuhmu akan merasa lebih bugar dan full power. Selain itu, peredaran darahmu juga menjadi lebih lancar. Bagaimana, Bela? Sudah nggak takut lagi untuk berlari di masa haid kamu, dong?

Ditulis oleh: Salsabil Nabila Afhani

 

BACA JUGA : Hati-hati! Ini 3 Tanda Haid Kamu Nggak Normal