Bau badan atau bromhidrosis adalah bau yang disebabkan oleh bakteri pada tubuh. Bakteri penyebab bau badan adalah bakteri anaerob yang akan tumbuh di tempat-tempat lembap pada tubuh kita seperti ketiak, anus, dan lainnya. Perlu kamu ketahui nih bahwa bakteri ini akan tumbuh subur jika kita mengonsumsi makanan-makanan tertentu lho! Di sini Popbela akan membahasnya. Keep reading, Bela!

1. Tomat

Nggak Nyangka! 5 Jenis Makanan Ini Ternyata Penyebab Bau Badan familinia.com
 

Seorang ilmuwan Inggris, Charles Stewart telah membuktikan bahwa bau badan yang nggak sedap berhubungan langsung dengan seberapa banyak tomat yang kita konsumsi. Charles juga menyatakan kandungan terpene dan karotenoid yang terdapat pada tomat dapat meningkatkan bau badan yang nggak sedap secara signifikan.

2. Ikan

Nggak Nyangka! 5 Jenis Makanan Ini Ternyata Penyebab Bau Badan wallpaperscraft.com
 

Sebagian besar vitamin A terkandung pada daging ikan. Namun, beberapa jenis ikan seperti ikan tuna memiliki banyak kandungan kolin (vitamin B4) yang dapat memicu bakteri anaerob pada tubuh kita untuk menghasilkan bau alami tubuh.

3. Brokoli

Nggak Nyangka! 5 Jenis Makanan Ini Ternyata Penyebab Bau Badan daunbuah.com
 

Brokoli, kembang kol atau kubis mengandung bahan yang berfungsi sebagai penghambat oksidasi. Tapi, jenis sayuran ini juga mengandung banyak belerang dan sulfur yang dapat menyebabkan bau badan nggak sedap. Kamu boleh saja mengonsumsi jenis sayuran ini, tapi tetap batasi asupannya ya, Bela!

4. Durian

Nggak Nyangka! 5 Jenis Makanan Ini Ternyata Penyebab Bau Badan lagizi.com
 

Durian adalah buah yang paling banyak digemari oleh semua kalangan. Buah ini memiliki rasa yang fantastis serta bau yang sangat menyengat. Buah ini mengandung asam amino serta belerang yang turut ikut peran dalam meningkatkan bau pada tubuh kita.

5. Bawang

Nggak Nyangka! 5 Jenis Makanan Ini Ternyata Penyebab Bau Badan ahdirectory.info
 

Baik bawang putih maupun bawang merah sama-sama ikut andil dalam meningkatkan bau pada tubuh kita. Kandungan allicin yang terdapat pada bawang dicerna tubuh dengan cepat dan diubah menjadi zat lainnya, hal ini pun menyebabkan bakteri bercampur dengan keringat dan menimbulkan bau badan.

Penulis : Aditya Octaviana

BACA JUGA: Biar Nggak Bau Mulut, Baiknya Kamu Konsumsi Ini, Bela!​