Ginjal adalah salah satu organ vital di dalam tubuh manusia, yang bertugas untuk menyaring kotoran dari dalam darah dan mengeluarkannya bersama dengan urine. Oleh karena fungsinya yang penting ini, maka kesehatan ginjal wajib banget kamu jaga.

Salah satu cara mudah untuk menjaga kesehatan ginjal adalah dengan banyak minum air putih, dan tidak menahan-nahan saat ingin buang air kecil. Apalagi untuk para perempuan. Menahan-nahan buang air kecil, rentan membuat kamu terkena penyakit infeksi saluran kemih.

Penyakit ini kelihatannya sepele, namun cukup berbahaya. Kalau dibiarkan saja, maka bakteri yang ada di saluran kemih bisa menyebar naik ke ginjal. Dan hal ini bisa menyebabkan infeksi pada ginjal kamu. Seram banget kan?

Perempuan lebih berisiko terkena penyakit ini, karena saluran uretra perempuan lebih pendek dibanding uretra pria. Sehingga bakteri mudah masuk ke saluran kemih. Inilah gejala-gejala infeksi ginjal yang muncul pada perempuan:

1. Demam

Ketika tubuh mengalami infeksi, biasanya suhu tubuh akan meningkat. Hal ini termasuk wajar, karena sistem kekebalan tubuh sedang berjuang melawan bakteri yang menyebabkan infeksi. Selain suhu tubuh yang meningkat, biasanya kamu juga akan banyak mengeluarkan keringat di malam hari.

2. Nyeri ketika buang air kecil

Para penderita infeksi saluran kemih (ISK) biasanya merasakan nyeri ketika buang air kecil. Namun kalau hal ini terus dibiarkan, maka bakteri yang ada di saluran kemih bisa naik dan menginfeksi ginjal. Oleh karena itu rasa nyeri dan sensasi terbakar ketika buang air kecil, bisa juga mengindikasikan kalau bakteri pada saluran kemih sudah naik ke ginjal.

Waspadai, Ini 5 Gejala Penyakit Infeksi Ginjal Freepik.com

3. Merasakan sakit perut

Para penderita infeksi ginjal, biasanya juga akan merasakan sakit perut. Biasanya pada perut kiri bagian bawah. Namun memang ada juga perempuan yang tidak merasakan sakit perut, walaupun sudah menderita infeksi ginjal.

4. Nyeri pada punggung

Beberapa orang yang menderita infeksi ginjal, juga ada yang merasakan nyeri pada punggungnya. Karena memang letak ginjal yang dekat dengan punggung. Ketika ginjal terinfeksi dan membengkak, maka akan menekan kapsul ginjal yang menutupinya. Hal ini menyebabkan rasa sakit pada bagian punggung bawah.

Waspadai, Ini 5 Gejala Penyakit Infeksi Ginjal Healthline.com

5. Urine berwarna keruh dan bau

Orang yang terkena infeksi ginjal, biasanya memiliki urine yang berwarna keruh dan bau. Hal ini disebabkan oleh fermentasi bakteri. Namun ada juga penderita infeksi ginjal yang mengeluarkan urine bercampur dengan nanah dan darah. Biasanya hal ini terjadi karena kasus infeksi ginjal yang sudah cukup parah.

Pada beberapa perempuan yang terkena penyakit infeksi ginjal, ada juga yang mengalami mual dan muntah serta kehilangan nafsu makan. Kalau kamu merasakan gejala-gejala seperti diatas, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Biasanya dokter akan melakukan tes darah dan pemeriksaan sampel urine.

Kalau tidak segera diobati penyakit ini bisa menimbulkan komplikasi seperti abses ginjal (bakteri dalam ginjal menyebar ke paru-paru), sepsis (bakteri dalam ginjal menyebar ke aliran darah dan organ vital lainnya), atau bahkan gagal ginjal. Pada perempuan hamil, infeksi ginjal bisa meningkatkan resiko kelahiran prematur atau melahirkan bayi dengan berat badan yang kurang.

Oleh karena itu, jangan sepelekan penyakit infeksi saluran kemih ya. Karena kalau dibiarkan saja, bakterinya bisa menginfeksi ginjal kamu. Segera ke dokter kalau kamu merasakan gejala-gejala di atas ya Bela!

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan pada laman IDN Times dengan judul "Waspadai, Ini 5 Gejala Penyakit Infeksi Ginjal"

Baca Juga: Baik untuk Tubuh, Ini 9 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan