Kamu pasti sudah nggak asing dengan kedua jenis olahraga ini, yaitu yoga dan pilates. Keduanya memang merupakan olahraga yang bisa dibilang membutuhkan pernapasan yang kuat serta ketenangan saat melakukannya. Energi positif juga sangat diperlukan ketika melakukan yoga dan pilates. Bahkan gerakannya yang sama-sama perlahan juga membuat keduanya menjadi mirip. Tapi, mereka berbeda banget lho. Buat kamu yang masih bingung, berikut perbedaannya.

1. Pernapasan

Terlihat Mirip, Ini Perbedaan Yoga dan Pilates yang Harus Kamu TahuNisaatitaley.blogspot.com

Ini menjadi hal yang paling mendasar tentang perbedaan di antara yoga dan pilates. Kalau dalam yoga pernapasan dilakukan dari hidung ke hidung, yaitu menarik napas melalui hidung dan dihembuskan kembali melalui hidung. Sementara saat pilates pernapasan dilakukan melalui hidung ke mulut. Dimana mengambil nafas dengan hidung dan menghembuskannya lewat mulut.

2. Gerakan

Terlihat Mirip, Ini Perbedaan Yoga dan Pilates yang Harus Kamu TahuStudiopilates.yoga

Meskipun sama-sama terlihat dengan menggunakan gerakan yang lambat, namun rupanya jika dilihat lebih seksama keduanya sangat berbeda. Kalau pilates, meskipun dengan gerakan lambat, namun badan diharuskan untuk tetap bergerak. Sementara yoga, lebih banyak gerakan menahan dan menopang tubuh. Namun, satu yang perlu diingat, bahwa menahan berat tubuh pada yoga dan pilates dapat dilakukan dengan mengunci perut dan tetap melakukan pernafasan yang normal.

3. Manfaat

Terlihat Mirip, Ini Perbedaan Yoga dan Pilates yang Harus Kamu Tahutwitter

Meskipun keduanya mirip, nggak ada salahnya lho  kamu mencoba keduanya. Karena, walaupun bergerak perlahan, keduanya efektif membuat badan berkeringat, sehingga, keduanya efektif untuk dijadikan alternatif untuk menurunkan berat badan. Tapi, ingat, kamu harus latihan dengan rutin.

Baca Juga: Nggak Cuma Bikin Rileks, Ini 7 Manfaat Yoga untuk Perempuan