Umur Hanyalah Angka, Tahukah Berapa Usia Kulit Sesungguhnya Bela?

Yuk, cari tahu di booth Collagena BFA Yogyakarta 2024

Umur Hanyalah Angka, Tahukah Berapa Usia Kulit Sesungguhnya Bela?

Age is only a number but your skin age isn’t!” Yap, adalah fakta bahwa semua manusia pasti akan mengalami penuaan. Tapi, bagaimana setiap orang menua itu bisa berbeda-beda, Bela.

Ada yang baru muncul keriput di usia 50-an, ada pula yang masih usia 30-an tapi sudah terlihat 10 tahun lebih tua. Kira-kira, faktor apa sih yang bikin usia kulit jadi lebih tua dari usia kita yang sebenarnya?

Yuk, kita cari tahu sama-sama!

1. Selain genetik, proses penuaan dipengaruhi oleh gaya hidup sehari-hari

Umur Hanyalah Angka, Tahukah Berapa Usia Kulit Sesungguhnya Bela?

Saat Bela berusia 20-an, kulit wajah sedang dalam keadaan terbaiknya. Hal itu ditandai dengan kondisi kulit yang kencang, cerah, dan juga sehat alami. Namun, kebiasaan buruk seperti jarang pakai sunscreen, sering stres, dan kurang olahraga akan membuat kulitmu rentan mengalami penuaan dini.

Apalagi kalau Bela hobi mengonsumsi makanan atau minuman manis. Mengutip Skin and Diet, menurut Rajani Katta, MD, ahli dermatologi di Texas, Amerika Serikat, asupan tinggi gula tambahan dan karbohidrat olahan dapat memicu kadar gula darah tinggi. 

Kadar gula darah yang tinggi akan merusak kolagen, yang mana kolagen itu sangat penting untuk kekenyalan dan elastisitas kulit. Jika kolagen rusak, bisa mengakibatkan kulit menjadi kendur, kusam, dan kerutan lebih cepat muncul.

2. Tips menghindari penuaan dini

Mungkin kita nggak bisa memutar balik waktu, tapi kita bisa melakukan kebiasaan baik mulai dari sekarang. Kalau selama ini Bela suka sama makanan atau minuman manis, kayaknya udah harus dikurangi tuh. Sebab, selain meningkatkan risiko diabetes, gula juga bisa merusak penampilanmu.

Sudahi makan yang manis-manis, mulailah konsumsi makanan sehat yang dapat menjaga produksi kolagen di dalam tubuh. Berbagai protein seperti produk susu, kaldu tulang, ikan tuna, ikan salmon sangat baik untuk tulang dan kulit. Selain itu, makanan yang kaya akan vitamin C juga bisa membantu produksi kolagen.

Last but not least, jangan lupa rawat kulit dari luar dengan skincare yang bisa memperlambat proses penuaan ya!

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here