Kulit merupakan salah satu bagian tubuh terbesar yang terdapat pada tubuh kita. Setiap bagian kulit pada tubuh kita memiliki cara sendiri untuk merawatnya seperti misalkan merawat kulit wajah tidak akan sama dengan merawat kulit kepala kita. Salah satu hal yang dihindari pada kulit adalah memudarnya warna kulit alami pada kulit kita. Bela, memudarnya warna kulit adalah sebuah keadaan yang harus ditangani secara serius. Kondisi memudarnya kulit tubuh diberberapa bagian dinamakan dengan vitiligo.

Vitiligo adalah suatu kondisi dimana terjadinya perubahan warna kulit pada tubuh dengan cara memudar. Vitiligo adalah salah satu penyakit yang jarang terjadi, pada penelitian dinyatakan bahwa penderita vitiligo adalah 1/100. Vitiligo dapat menyerang semua kulit pada tubuh kita, tetapi tidak akan langsung terjadi pada satu waktu. Lalu, bagaimana kita bisa tahu tentang vitiligo lebih lanjut? Simak artikel ini sampai habis ya, Bela!

Penyebab Vitiligo

Walaupun Langka, Ini yang Harus Kamu Tahu Soal Vitiligo!sciencenews.org

Sebuah kondisi pada kulit terjadi merupakan sebuah sebab dari adanya hal yang tidak seharusnya terjadi pada tubuh kita. Ini juga termasuk dengan vitiligo, umumnya vitiligo terjadi karena stress pada kulit (terbakar oleh sinar matahari dan paparan terhadap bahan kimia yang terjadi pada jangka waktu panjang), mengidap penyakit autoimun dimana sel-sel kekebalan tubuh akan menghancurkan sel tubuh yang sehat salah satunya menyerang sel pigmen tubuh dan yang paling sering terjadi adalah penyakit menurun akibat faktor genetik.

Gejala Pada Vitiligo

Walaupun Langka, Ini yang Harus Kamu Tahu Soal Vitiligo!livingdappled.com

Gejala vitiligo adalah munculnya bercak di tubuh. Pada awalnya, bercak yang muncul berwarna lebih muda dari kulit, kemudian akan memutih secara bertahap. Kemunculan bercak dimulai di bagian tubuh yang sering terpapar sinar matahari, seperti wajah, bibir, tangan dan kaki, kemudian menyebar ke bagian tubuh lain.

Bercak vitiligo umumnya muncul secara simetris di kedua sisi tubuh, serta berkembang dan berhenti berulang kali. Kapan dan seberapa cepat bercak berhenti menyebar, tidak dapat ditentukan. 

Pada kasus yang jarang, bercak hanya muncul di salah satu sisi tubuh, kemudian menyebar selama 1-2 tahun lalu berhenti.Segera temui dokter bila warna rambut, kulit, atau mata memudar. Penanganan tepat pada tahap awal dapat menghambat perkembangan penyakit ini.

Pengobatan Pada Penderita Vitiligo

Walaupun Langka, Ini yang Harus Kamu Tahu Soal Vitiligo!feinsteindermatology.com

Hal yang harus kamu lakukan apabila merasa memiliki gejala kondisi vitiligo, segera untuk menghubungi dokter spesialis kulit yang kamu percaya. Pada vitiligo, biasanya dokter akan memberikan tanning lotion atau losion yang berfungsi untuk menggelapkan kulit sebagai tahap awal dan akan sangat dianjurkan memakai sunscreen yang memiliki SPF yang cukup besar dan wajib digunakan. Tujuan dari pengobatan pada penderita vitiligo adalah meredakan gejalanya, dan dalam jangka panjang adalah mengembalikan warna kulit.

Beberapa tindakan yang akan dianjurkan dalam usaha mengembalikan warna kulit semula pada penderita vitiligo adalah terapi sinar UV, prosedur bedah seperti cangkok kulit serta pemakaian obat-obatan tertentu sesuai anjuran dokter.