Setiap perempuan produktif pasti mendapatkan ‘tamu’ bulanan disetiap bulanya yaitu haid. Seringkali haid datang di saat kita sedang sibuk dengan kegiatan sehari-hari ditambah dengan rasa menyiksa seperti kram perut. Kram perut ini sangat mengganggu aktivitas dan bisa membuat jadwal kegiatan berantakan apabila kita tidak bisa menanganinya. Bela, kalau kamu merasakan kram perut saat haid mungkin hal-hal ini dapat meredakan kram perutmu saat datang bulan!

1. Membiasakan diri untuk berolahraga

Ini Cara Meredakan Perut Kram Saat Haidmpora.com

Kram perut yang kita alami saat haid ternyata adalah peristiwa kontraksi otot pada tubuh kita yaitu otot uterus. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan olahraga rutin minimal 1 kali satu minggu untuk membantu meminimalisir kram perut saat mengalami haid.

2. Kompres Air Hangat

Ini Cara Meredakan Perut Kram Saat Haidwomensg.com

Kalau kamu merasakan kram perut yang sudah mengganggu, usahakan untuk mengkompres perut dengan air hangat agar sakitnya mereda. Air hangat dipercaya dapat menenangkan kram perut yang terjadi saat haid pada perempuan.

3. Mengonsumsi Dark Chocolate

Ini Cara Meredakan Perut Kram Saat Haideatthis.com

Ternyata memakan coklat juga menjadi salah satu hal yang bisa meredakan kram perut saat haid. Tapi bukan sembarang coklat ya, Bela! Pilihlah coklat yang berjenis dark chocolate dengan kadar gula yang rendah. Dark chocolate ternyata mengandung vitamin E yang dapat meredakan kram perut dan nyeri pada payudara saat haid.

4. Rutin Minum Air Mineral

Ini Cara Meredakan Perut Kram Saat Haidhealthline.com

Para ahli kesehatan menyatakan bahwa kita harus meminum air mineral minimum 8 gelas setiap harinya, hal ini juga berlaku saat perempuan sedang haid. Meminum air mineral berarti kita menjaga keseimbangan air yang ada pada tubuh kita sehingga saat haid kita tidak dehidrasi yang dapat mengakibatkan penyakit lainya.

5. Istirahat Yang Cukup

Ini Cara Meredakan Perut Kram Saat Haidmakingmusicmag.com

Apabila sudah merasakan kram perut saat haid, itu merupakan pertanda kamu harus istirahat cukup. Kram perut saat haid terjadi dikarenakan kontraksi otot yang menandakan bahwa tubuh sedang tidak bekerja seharusnya. Jadi, apabila kamu sedang haid pastikan waktu istirahatmu cukup ya, Bela!

Baca Juga: Ini 5 Fakta Tentang Menstruasi yang Wajib Kamu Tahu