Memiliki tubuh yang indah dan proporsional tentu adalah impian semua orang. Termasuk para artis yang seringkali dituntut untuk terlihat sempurna di depan layar kaca. Secara umum, ketika ingin mendapatkan tubuh yang ideal, diet dan olahraga adalah cara yang wajib dilakukan. Namun sayangnya tidak semua artis berhasil melakukan cara tersebut. Sebagian memilih cara instan untuk menurunkan berat badan. 

Cara tersebut kemudian membuat seseorang biasanya mengalami gangguan makan. Seperti yang paling populer adalah anoreksia dan bulimia. Kedua gangguan makan ini biasanya mengacu pada keinginan untuk menurunkan berat badan. 

Pada kasus anoreksia, penderitanya seringkali menolak makan, membiarkan tubuh lapar, atau melakukan olahraga secara berlebihan. Sementara pada kasus bulimia, penderitanya akan memuntahkan makanan atau menggunakan pencahar sebagai usaha menjaga berat badan.

Gangguan makan ini tidak bisa dianggap remeh karena dapat membahayakan nyawa penderitanya. Berikut ini ada 7 artis Korea yang pernah dirumorkan mengalami gangguan makan, siapa saja? Keep scrolling!

1. Jang Na Ra

7 Artis Korea yang Dikabarkan Pernah Alami Gangguan Makanpinterest.com

Di balik keceriaannya, aktris senior Jang Na Ra ternyata pernah mengalami bulimia dan beberapa gangguan kecemasan lain. Gangguan bulimia yang ia alami sangat serius hingga dirinya juga menderita iritasi usus besar, sakit perut hingga perut bengkak. Menurutnya tekanan yang ia hadapi sudah terasa sejak debutnya di tahun 2001. Ia kemudian mulai menjalani perawatan dan mendapat dukungan dari kedua orang tuanya. 

2. Sojung 'Ladies Code'

7 Artis Korea yang Dikabarkan Pernah Alami Gangguan MakanAllkpop

Bukan hanya setelah debut, gangguan makan juga bisa terjadi sebelum debut seperti yang dialami Sojung. Dalam acara 'Girl Spirit', Sojung mengaku mengalami anoreksia dan berat badannya turun 9-10 kg sebelum debut. Kondisi ini berlanjut hingga dirinya kehilangan berat badan lagi sebesar 6 kg. Bahkan berat badannya pernah menginjak angka 42 kg. Saat itu Sojung pun menyadari wajahnya terlihat seperti kerangka dan tubuhnya sangat tidak sehat. Sejak itu, Sojung menjalani proses pemulihan, ia mulai makan dan berolahraga secara teratur. 

3. Seo In Guk

7 Artis Korea yang Dikabarkan Pernah Alami Gangguan MakanPinterest

Meski lebih sering terjadi pada wanita, gangguan makan juga bisa dialami pria. Aktor papan atas, Seo In Guk mengaku pernah terobsesi menurunkan berat badannya. Semua bermula ketika ia ikut audisi dan diminta untuk mengurangi berat badan, Seo In Guk kemudian memuntahkan isi perutya setiap setelah makan berharap berat badannya cepat turun. Setelah berhasil menurunkan berat badan, ia kembali ikut audisi dan hasilnya justu ditolak karena pita suaranya yang rusak. Kondisi ini terjadi akibat kebiasaan muntah setelah makan. 

4. IU

7 Artis Korea yang Dikabarkan Pernah Alami Gangguan MakanAllkpop.com

Siapa sangka penyanyi solo sekaligus aktris ini pernah mengalami bulimia. Hal ini diakuinya secara langsung lewat variety show Healing Camp. Setelah debut, berbagai tekanan mulai menyerangnya. IU kemudian memulai kebiasaan untuk memuntahkan isi perutnya setelah makan. Hal ini membuatnya mengalami penurunan berat badan dan kecemasan. IU pun menjalani konseling dan berhasil bebas dari bulimia. 

5. JinE eks Oh My Girl

7 Artis Korea yang Dikabarkan Pernah Alami Gangguan Makansoompi

Setelah debut bersama Oh My Girl, JinE sering mendapat komentar atas tubuhnya yang dianggap gemuk. Kondisi tersebut memicu JinE menjalani diet berlebihan hingga dirinya dilarikan ke rumah sakit dan didiagnosis menderita anoreksia. WM Entertainment, selaku agensi yang menaunginya kemudian mengumumkan JinE harus beristirahat dan menjalani perawatan. Setahun berlalu, JinE memutuskan kontraknya dengan grup tersebut agar bisa fokus menjalani perawatan. 

6. Jimin eks AOA

7 Artis Korea yang Dikabarkan Pernah Alami Gangguan Makanfunkorea

Mantan personil girlband AOA ini juga pernah terkena rumor soal gangguan makan anoreksia. Para fans menganggapnya mengalami penurunan berat badan yang amat drastis hingga terlihat terlalu kurus. Namun saat itu FNC Entertainment, selaku agensi langsung memberikan klarifikasi mengenai kondisi kesehatan Jimin. Menurut agensi tersebut, Jimin dalam keadaan sehat dan tidak perlu dikhawatirkan. 

7. Xiumin 'EXO'

7 Artis Korea yang Dikabarkan Pernah Alami Gangguan Makantwitter.com/LOEYFIED

Sempat membuat para fans khawatir, Xiumin member dari boyband EXO juga dirumorkan mengalami gangguan makan. Xiumin yang mendapat julukan "Baozi" karena pipinya yang gembul terlihat mengalami perubahan drastis pada tubuhnya saat masa promosi lagu "Growl". Namun Xiumin tidaklah mengalami bulimia seperti yang dikhawatirkan fans. Menurutnya, saat itu ia menjalani diet Yo-yo dengan makan dua hari sekali dan cuma minum kopi.