Menjaga kebersihan gigi dan mulut sangatlah penting untuk menunjang penampilan. Nggak cukup hanya dengan pasta gigi, biasanya orang sampai mengandalkan cairan obat kumur untuk membunuh bakteri yang ada pada mulut, serta memberikan nafas wangi dan segar.

Padahal jika obat kumur yang digunakan mengandung alkohol, gigi kelamaan akan terkikis karena kandungannya yang tajam. Untuk itu, jika nggak ingin mendapat efek samping dari obat kumur beralkohol, kamu bisa membuat obat kumur sendiri dengan bahan alami lho. Nah, berikut lima obat kumur alami untuk mengatasi bau mulut!

1. Minyak kelapa

5 Obat Kumur Alami untuk Mengatasi Bau Muluthealthy.com

Nggak hanya baik untuk kesehatan mulut, minyak kelapa juga dapat membantu mengurangi pembentukan plak serta radang gusi yang diinduksi plak. Untuk itu, sempatkanlah kumur-kumur dengan satu sendok minyak kelapa murni selama 10-15 menit. Lakukan sehari sekali sebelum menyikat gigi.

2. Air garam

5 Obat Kumur Alami untuk Mengatasi Bau Muluthonestdocs.id

Obat kumur selanjutnya yang bisa kamu buat sendiri adalah campuran setengah sendok garam dengan setengah gelas air hangat. Kamu bisa menggunakannya dua sampai tiga kali sehari setelah makan. Hal itu terbilang efektif karena garam mengandung senyawa seperti chlorhexidine, yang dapat mengurangi plak gigi serta jumlah mikroba oral. Nggak kalah deh, dengan obat kumur yang dijual di pasaran!

3. Minyak kayu manis dan cengkeh

5 Obat Kumur Alami untuk Mengatasi Bau Mulutpxhere.com

Masukkan 10-15 tetes minyak kayu manis dan minyak cengkeh ke dalam segelas air hangat, kemudian aduk hingga merata. Jika sudah, obat kumur kayu manis dan cengkehnya dapat langsung kamu gunakan. Selain untuk melawan bau mulut, obat kumur satu ini juga dapat mencegah gigi berlubang, lho.

4. Minyak peppermint

5 Obat Kumur Alami untuk Mengatasi Bau Mulutdok. internet

Salah satu obat kumur alami untuk mengatasi bau mulut yang cukup ampuh adalah minyak peppermint. Untuk membuatnya, campurkan dua hingga tiga tetes minyak peppermint ke dalam secangkir air dan aduk hingga merata. Kamu dapat melakukannya dua sampai tiga kali sehari setelah makan.

5. Minyak tea tree

5 Obat Kumur Alami untuk Mengatasi Bau Mulutstylecraze.com

Sifat anti-inflamasi dari minyak esensial sangat bermanfaat dalam mengurangi gejala pendarahan dan peradangan yang dipicu oleh gingivitis. Masukkan satu hingga dua tetes tea tree oil ke setengah cangkir air suling. Aduk rata dan gunakan campuran itu untuk berkumur.

Nah, itu tadi lima obat kumur alami untuk mengatasi bau mulut. Mana yang akan kamu coba, Bela?

Baca Juga: Hati-hati, 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Bau Mulut