Sunscreen merupakan salah satu produk perawatan kulit yang wajib dimiliki oleh setiap masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah tropis, yang memiliki sinar matahari yang dapat membakar kulit. Manfaat sunscreen sendiri ialah dapat melindungi kulit dari radiasi sinar UVA dan UVB.

Kedua radiasi sinar tersebut dapat membuat kulit terbakar hingga menyebabkan kanker kulit. Sinar UVA akan membuat kulit mengalami penuaan secara cepat sehingga kulit menjadi keriput dan mengalami flek hitam, sinar UVA dapat menembus hingga bagian terdalam kulit, sehingga kerusakannya pada kulit sangatlah parah.

Sedangkan sinar UVB sendiri merupakan radiasi dari sinar matahari yang dapat membuat kulit menjadi terbakar. Walaupun panjang gelombangnya lebih pendek dari UVA atau UVB ini lebih kuat efek radiasinya.

Oleh karenanya sangat penting sekali menggunakan sunscreen. Kamu dapat menggunakan sunscreen berupa lotion, foam, gel atau spray.

Untuk membahas lebih jauh mengenai sunscreen. Berikut di bawah ini adalah manfaat-manfaat dari penggunaan sunscreen, silahkan disimak!

1. Melindungi kulit dari radiasi UVA & UVB

10 Manfaat Sunscreen yang Harus Diketahui! Shutterstock/wolfstudiobkk

Seperti yang sudah dibahas di atas sebelumnya manfaat paling utama dari penggunaan sunscreen secara rutin adalah untuk melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya. Kenyataannya saat ini lapisan ozon terus menipis sehingga sinar UV tersebut dapat dengan mudah membakar kulit ini.

Dengan mengaplikasian sunscreen pada tubuh mampu memaksimalkan penyeraban vitamin D yang dihasilkan oleh sinar matahari, tanpa harus menanggung risiko tinggi dari radiasi sinar UV tersebut.

2. Mencegah sunburn

10 Manfaat Sunscreen yang Harus Diketahui! Mdpremier.com

Bagi kamu yang memiliki kegiatan padat di luar rumah, sangat diwajibkan menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas. Salah satu dampak dari paparan radiasi sinar matahari adalah sunburn atau kondisi kulit yang terbakar.

Sunburn akan membuat tubuh menjadi tidak nyaman dan terasa lebih lelah dari biasanya. Maka dari itu untuk mengakali kondisi cuaca yang panas oleskan sunscreen terlebih dahulu pada tubuh dan konsumsi air putih secara teratur untuk mengurangi risiko tersebut.

3. Mencegah kulit belang

10 Manfaat Sunscreen yang Harus Diketahui! www.byrdie.com

Permasalahan kulit yang kerap kali dijumpai kebanyakan masyarakat Indonesia adalah kulit yang belang. Contoh paling umum adalah di pundak telapak tangan. Selain itu sering pula terjadi pada area wajah. Biasanya leher akan tampak lebih putih dibandingkan kulit di wajah. Bukan hanya itu saja kulit yang belang selalu terjadi bersamaan dengan timbulnya jerawat dan flek hitam.

Maka dari itu kamu dapat mencegah risiko tersebut dengan penggunaan sunscreen secara teratur.

4. Mencegah penuaan dini

10 Manfaat Sunscreen yang Harus Diketahui! rootcausemedicalclinics.com

Manfaat selanjutnya dari penggunaan sunscreen adalah untuk memperlambat bahkan mencegah munculnya tanda penuaan pada kulit wajah. Biasanya tanda tersebut berupa keriput dan garis halus yang terpampang di wajah.

Dari sebuah penelitian mengatakan bahwa penuan dini terhadap seseorang yang menggunakan sunscreen secara rutin ialah 24% lebih kecil dibandingan seseorang yang tidak menggunakan sunscreen secara rutin.

5. Membuat kulit menjadi lebih sehat

10 Manfaat Sunscreen yang Harus Diketahui! amvnutrition.com

Sunscreen memiliki kandungan berupa keratin, kolagen, dan elastin, yang bermanfaat untuk kulit untuk menjaga kulit tetap sehat dan halus. Selain itu kamu juga perlu memastikan sunscreen yang kamu gunakan memiliki kandungan titanium oksida yang berguna meningkatkan atau memaksimalkan hasil dari penggunaan sunscreen yang teratur.

6. Melembapkan wajah

10 Manfaat Sunscreen yang Harus Diketahui! pinterest.com

Manfaat berikutnya dari penggunaan sunscreen adalah dapat melembab]pkan wajah Kamu. Karena sunscreen memiliki bahan aktif berupa HA, Airlicum, dan Ascorbyl Glucoside yang bermanfaat untuk menarik cairan dibandingkan molekulnya yang berat sehingga kulit menjadi lembab dan terjaga seharian.

7. Tetap menjaga kulit saat tertutup pakaian

10 Manfaat Sunscreen yang Harus Diketahui! Shutterstock/Quality Stock Arts

Kenyataannya radiasi sinar matahari tetap akan dirasakan saat menggunakan pakaian tertutup yang melindungi kulit tubuh kamu. Oleh karena itu kamu tetap harus menggunakan sunscreen walaupun pakaian kamu menutupi seluruh tubuh.

8. Mencegah kulit menggelap

10 Manfaat Sunscreen yang Harus Diketahui! allure.com

Untuk mendapatkan manfaat sunscreen satu ini kamu harus menggunakan sunscreen yang memiliki kandungan SPF 30+. Kandungan ini yang memberikan manfaat pencegahaan kulit menggelap. Gunakan sunscreen setiap dua jam jika kamu memiliki kulit yang sensitif untuk menghasilkan hasil maksimal.

9. Mencegah komedo

10 Manfaat Sunscreen yang Harus Diketahui! freepik.com/wayhomestudio

Salah satu alasan mengapa seseorang memiliki komedo pada wajahnya karena malas menggunakan sunscreen. Sinar radiasi UV akan memunculkan solar comedone yang jika menampar wajah kamu dan membuat wajah Kamu memiliki komedo, bahkan dapat menyebabkan timbul jerawat pada kulit wajah.

10. Menjaga kulit walaupun berada di dalam ruangan

10 Manfaat Sunscreen yang Harus Diketahui! Shutterstock/miya227

Selain menjaga kulit saat tertutup pakaian, sunscreen pun merupakan perisai bagi kulit ketika berada di dalam ruangan yang notabennya tidak terdapat sinar matahari. Namun ternyata udara lembab yang berada di ruangan dapat memicu risiko yang buruk untuk kulit. Maka dari itu kamu tetap harus menggunakan sunscreen walaupun seharian di rumah saja, untuk tetap menjaga kulit tetap sehat dan terhindar dari risiko buruk tersebut.

Penutup

Demikianlah informasi 10 manfaat sunscreen yang harus diketahui agar tidak ada alasan lagi bagi Kamu untuk tidak menggunakan produk sunscreen. Patut digarisbawahi penggunaan sunscreen harus digunakan secara teratur setiap hari.

Baca Juga: 7 Alasan Mengapa Sunscreen Wajib Digunakan Setiap Hari

Baca Juga: Tips Memilih Sunscreen Sesuai Jenis Kulit 

Baca Juga: 6 Rekomendasi Sunscreen Lokal Anti Lengket, Nyaman Digunakan!