Kebanyakan orang menginginkan bentuk tubuh yang bagus dan sempurna, misalnya bentuk perut yang kecil sehingga penampilan semakin menarik. Bukan hanya menarik saja melainkan perut yang kecil juga cenderung menghindarkan seseorang dari berbagai macam penyakit

Untuk mendapatkan perut yang kecil tentunya Kamu tidak hanya perlu melakukan olahraga saja. Namun sebaiknya Kamu juga melakukan berbagai hal efektif seperti berikut ini. 

1. Konsumsi Makanan Mengandung Serat

9 Cara Mengecilkan Perut Tanpa Olahraga Pasti Sukses Pixabay.com/Silviarita

Pada dasarnya serat akan membuat perut terasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Untuk itu perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung serat agar Kamu tidak selalu ingin makan di tiap waktu. 

Serat diketahui sangat baik dan memperlancar fungsi organ pencernaan dalam tubuh manusia. Maka konsumsi serat dalam jumlah tinggi akan mengurangi resiko terjadinya perut buncit karena proses pencernaan yang cenderung lancar. 

2. Perbanyak Asupan Protein

9 Cara Mengecilkan Perut Tanpa Olahraga Pasti Sukses purewow.com

Sama halnya dengan serat rupanya protein yang ada di dalam tubuh manusia dapat membuat perut terasa kenyang dalam waktu yang cukup lama. Untuk itu makanan berprotein tinggi sangat disarankan bagi orang yang sedang menjalani program diet.

Beberapa makanan atau minuman yang mengandung protein tinggi pada umunya yaitu telur dan daging serta susu. Makanan tersebut selain tinggi protein juga termasuk rendah lemak.

3. Kurangi Makanan Berkalori Tinggi

9 Cara Mengecilkan Perut Tanpa Olahraga Pasti Sukses instagram.com/ ekawatililik

Untuk mendapatkan perut dengan bentuk yang kecil atau ramping juga perlu mengurangi makanan yang memiliki kandungan kalori sangat tinggi. Makanan yang mengandung kalori tinggi tersebut umumnya merupakan makanan berlemak seperti kulit ayam dan lainnya. 

Lemak yang tertimbun dalam tubuh terutama pada perut dapat membuat perut jadi tampak buncit. Sekalipun begitu sebaiknya Kamu tidak mengurangi asupan kalori secara drastis sebab hal ini dapat berdampak buruk bagi proses metabolisme tubuh.

4. Batasi Penggunaan Garam dan Gula

9 Cara Mengecilkan Perut Tanpa Olahraga Pasti Sukses Dok. Internet

Banyak mengonsumsi garam dan gula juga menjadi salah satu pemicu perut membesar atau perut buncit. Untuk itu sudah seharusnya Kamu yang menginginkan perut kecil semakin membatasi penggunaan garam dan gula dalam makanan ataupun minuman Kamu. 

Garam dapat mengganggu proses penyerapan air yang terjadi di dalam tubuh sehingga perut bisa tampak lebih kembung. Sedangkan gula menjadi salah satu penyebab timbuknya kegemukan pada diri seseorang. 

5. Gunakan Minyak Kelapa

9 Cara Mengecilkan Perut Tanpa Olahraga Pasti Sukses Freepik.com

Mungkin saja selama ini Kamu menggoreng seluruh bahan makanan dengan menggunakan minyak goreng biasa yang mengandung banyak lemak. Hal ini sebenarnya cukup berbahaya bagi kesehatan dan membuat perut jadi semakin besar.

Untuk itu Kamu bisa menggantikan minyak goreng biasa dengan menggunakan minyak kelapa yang diketahui mengandung medium-chain trygliserides. Minyak kelapa tentu dapat memberikan banyak energi sekaligus membuat perut jadi terasa lebih kenyang. 

6. Banyak Minum Air Putih

9 Cara Mengecilkan Perut Tanpa Olahraga Pasti Sukses goodhousekeeping.com

Membuat perut jadi semakin kecil juga bisa saja terjadi jika Kamu secara rutin mengonsumsi air putih. Air putih ini sebaiknya dikonsumsi sesuai dengan takaran yang memang sesuai dengan keperluan tubuh. 

Umumnya orang dewasa perlu mengonsumsi air putih minimal 8 gelas dalam satu hari penuh. Namun jika betubuh gemuk tentu Kamu perlu mengonsumsi air putih dalam porsi yang lebih banyak. 

7. Kunyah Makanan Secara Lebih Perlahan

9 Cara Mengecilkan Perut Tanpa Olahraga Pasti Sukses eatthis.com

Seringkali seseorang makan dalam kondisi terburu-buru sehingga proses mengunyah makanan jadi lebih cepat. Akibatnya makanan yang ditelan tidaklah sempurna karena proses mengunyah makanan tidak sampai halus.

Makan secara cepat tentu dapat mengganggu proses pencernaan yang mengakibatkan perut jadi tampak lebih besar. Oleh karena itu kunyahlah makanan Kamu secara perlahan hingga makanan menjadi halus tepatnya sebelum makanan ditelan. 

8. Miliki Waktu Istirahat yang Cukup

9 Cara Mengecilkan Perut Tanpa Olahraga Pasti Sukses Shutterstock/miya227

Tidak hanya memperhatikan pola makan saja yang harus dilakukan untuk mendapatkan perut yang kecil dan ramping. Selain pola makan yang baik rupanya istirahat yang cukup juga menjadi perhatian khusus bagi Kamu.

Usahakan untuk selalu memiliki waktur tidur yang cukup agar keseimbangan hormone dalam tubuh dapat tercapai. Hormon yang seimbang karena adanya waktu tidur yang cukup dapat membuat tubuh terhindar dari rasa lapar sehingga lambat laun perut semakin mengecil.

9. Tingkatkan Pengendalian Emosi

9 Cara Mengecilkan Perut Tanpa Olahraga Pasti Sukses freepik.com/DCStudio

Mengendalikan emosi rupanya menjadi cara yang tak boleh sampai terlewat jika memang ingin memiliki perut yang kecil. Mengendalikan emosi dapat membuat seseorang terhindar dari stres.

Stres sendiri bisa menjadi salah satu pemicu meningkatnya nafsu makan pada seseorang. Untuk itu bagi Kamu yang ingin mengecilkan perut sebaiknya hindarkan diri dari stres dan jagalah selalu emosi dalam diri.

Mengecilkan perut memang tidak hanya bisa terwujud melalui aktivitas olahraga saja. Lebih lanjutnya Kamu juga harus melakukan upaya lain bersama dengan olahraga untuk bisa mendapatkannya. 

Kira-kira dari sekian banyak pilihan manakah hal yang paling suka untuk Kamu lakukan? Semoga dapat memberikan hasil yang sesuai dengan harapan Kamu nantinya.