Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Cara Mengatasi Sesak Napas Secara Alami Tanpa Obat

Jangan panik!

Nafi' Khoiriyah

Kamu mungkin sesekali pernah mengalami sesak napas atau kesulitan bernapas. Saat mengalaminya, leher akan terasa tercekik sehingga banyak orang merasa panik saat mengalaminya.

Supaya tidak makin parah, kamu perlu tahu cara mengatasi sesak napas berikut ini. Cara ini bisa kamu praktikkan saat dalam keadaan yang mendesak dan tidak ada obat-obatan di sekitarmu. 

1. Duduk dan condongkan tubuh ke depan

pexels.com/Andrea Piacquadio

Cara pertama yang bisa mengatasi sesak napas adalah duduk dan condongkan tubuh ke depan. Posisi tersebut bisa membantu merilekskan tubuh dan membuatmu bernapas lebih mudah.

Duduk condong ke depan juga bisa melepaskan tekanan pada paru-paru dan jantungmu. Kamu bisa mencoba posisi ini dengan duduk di kursi dengan kaki diletakkan di lantai. Selain mencondongkan dada ke depan, jaga otot bahu dan leher supaya tetap rileks. 

2. Pursed lip breathing

freepik.com/freepik

Pursed lip breathing merupakan cara sederhana yang bisa mengontrol sesak napas akibat panik atau hiperventilasi. Dengan teknik ini, laju pernapasan akan lebih lambat dan membuat napas lebih dalam. 

Cara melakukan pursed lip breathing, pertama rilekskan leher dan bahu terlebih dahulu. Kemudian, tarik napas perlahan melalui hidung selama dua hitungan kemudian tutup mulut. 

Setelah itu, kerutkan bibir seperti posisi akan bersiul. Baru kemudian embuskan napas perlahan dan lembut melalui bibir yang mengerucut sampai hitungan keempat. 

3. Bernapas dalam-dalam

freepik.com/fabrikasimf

Bernapas dalam-dalam menggunakan otot perut bisa mengatasi sesak napas. Cara untuk melakukan pernapasan ini di dalam rumah adalah dengan berbaring, kemudian letakkan tangan di perut. 

Setelah itu, tarik napas dalam-dalam melalui hidung, rentangkan perut, dan biarkan paru-paru mengisi udara. Tahanlah napas selama beberapa detik, lalu buang napas perlahan melalui mulut untuk mengosongkan paru-paru. 

4. Berdiri dan sandarkan tubuh di dinding

freepik.com/Racool_studio

Selain posisi duduk dan berbaring, kamu juga bisa merilekskan tubuh dengan cara berdiri. Berdirilah di dekat dinding dan sandarkan pinggul ke dinding tersebut. 

Lalu, lebarkan kaki selebar bahu sementara tangan diletakkan di paha. Dalam posisi tersebut, buat bahu menjadi rileks dan condongkan tubuh sedikit ke depan. Posisi ini akan bisa memberikan lebih banyak ruang di dada untuk paru-paru. 

5. Tidur dengan posisi santai

freepik.com/tirachardz

Orang yang memiliki sleep apnea sering kali merasa sesak napas saat tidur. Hal itu membuat mereka sering terbangun dan memengaruhi kualitas tidurnya. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, cobalah untuk berbaring miring dengan bantal. Sedangkan kepala ditinggikan oleh bantal dan punggung tetap lurus. 

Kamu juga bisa berbaring telentang dengan kepala terangkat, lutut ditekuk, dan bantal di bawah lutut. 

6. Pernapasan diafragma

freepik.com/8photo

Cara mengatasi sesak napas lainnya bisa dengan pernafasan diafragma. Pernapasan ini bisa dilakukan dengan duduk di kursi, lutut ditekuk, dan kepala, bahu, serta leher rileks. 

Lalu, letakkan tangan di perut dan tarik napas perlahan melalui hidung. Tanganmu harus merasakan perut bergerak. Saat mengeluarkan napas, kencangkan otot dan buang napas melalui mulut dengan bibir mengerucut. 

Teknik pernapasan ini menekankan pada embusan napas daripada menghirupnya. Teruslah untuk mengembuskan napas lebih lama dari biasanya sebelum menarik napas lagi secara perlahan. 

7. Menghirup uap panas

freepik.com/freepik

Menghirup uap bisa membantu menjaga saluran hidung seseorang tetap bersih. Hal itu akan membantu orang bernapas lebih mudah. Sebab, panas dan kelembapan dari uap bisa memecah lendir di paru-paru yang akan mengurangi sesak napas. 

Untuk melakukannya, isi mangkuk dengan air yang mendidih. Lalu, tambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti peppermint atau eucalyptus. 

Setelah itu, posisikan wajah di atas mangkuk dan letakkan handuk di kepala. Tariklah napas dalam-dalam dengan posisi tersebut.

8. Gunakan kipas angin

freepik.com/pressfoto

Terakhir, beberapa ahli merekomendasikan untuk menggunakan kipas angin untuk meniupkan udara sejuk dan membantu meredakan sesak napas. Kamu bisa mengambil kipas genggam yang kecil dan hadapkan ke wajah sampai pernapasanmu membaik. 

Demikian cara mengatasi sesak napas yang bisa kamu ikuti. Dengan cara di atas, napasmu akan kembali teratur dan tidak sesak lagi. Semoga membantu ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Health