Bela, seberapa seringkah kamu merasakan gatal dan panas di area kewanitaan selama menstruasi? Gatal dan iritasi pada area kewanitaan dapat disebabkan oleh infeksi jamur, bakteri, trikomoniasis (infeksi parasit), atau penggunaan pembalut yang tidak cocok. Bagi pemilik kulit sensitif, area kewanitaan lebih rentan mengalami gatal dan iritasi bila kamu asal-asalan dalam memilih pembalut yang digunakan. 

Salah satu opsi untuk mengurangi risiko gatal dan iritasi pada area kewanitaan yaitu dengan beralih menggunakan pembalut organik. Berbeda seperti pembalut yang dijual di pasaran, penggunaan pembalut organik memungkinkan kulit untuk bernafas sekaligus membantu area kewanitaan agar tetap kering. 

Menyadari masih sulit dan mahalnya harga pembalut organik di Indonesia, serta adanya trend global mengenai kebutuhan untuk menggunakan personal care yang bersahabat, Yoona hadir. Dimulai dari satu tahun yang lalu, Yoona—perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan perempuan—memulai langkahnya. 

1. Trend pembalut organik di kancah global

Bebas Iritasi dengan Yoona, Pembalut Organik Berbahan Cotton 100%Yoona

Adrianto Hermawi, salah satu Founder dari Yoona Digital Indonesia dan salah satu ex Venture Capitalist ternama Indonesia menuturkan, bahwa ada potensi pasar yang besar di Indonesia pada segmen kesehatan wanita (Global feminine hygiene category).

Trend global menyatakan produk pembalut organik akan terus berkembang dan diadopsi oleh perempuan usia 26-40 tahun untuk alasan kesehatan dan ramah lingkungan. Asia menjadi salah satu bagian penting yang diproyeksikan mendorong percepatan penetrasi produk organik.

“Kami menghadirkan produk organik yang sesuai dengan minat wanita Indonesia dan menggunakan D2C Business Model (direct to consumer). Tujuannya sederhana, kami mau memberikan pilihan produk dengan kualitas terbaik dan tetap terjangkau bagi konsumen,” ungkapnya.

2. Topik menstruasi masih menjadi hal yang tabu

Bebas Iritasi dengan Yoona, Pembalut Organik Berbahan Cotton 100%rd.com

Topik menstruasi yang jarang dan sungkan diperbincangkan dalam aktivitas sehari-hari ternyata berdampak besar bagi perempuan dalam cara mereka memahami pilihan produk pembalut. Dampaknya, hanya 25% anak-anak dan remaja perempuan usia 10-24 tahun yang benar-benar memahami siklus penting ini. 

Berdasarkan survei internal Yoona pada 50 perempuan di Jabodetabek, 90% wanita pernah mengalami iritasi saat menggunakan pembalut. Namun, seringkali mereka merasa, iritasi saat menggunakan pembalut adalah hal normal selama tidak mengganggu kegiatan sehari-hari dan tidak nyaman adalah salah satu elemen terduga yang pasti dirasakan saat menstruasi.

Dilatarbelakangi oleh seringnya mendengar isu iritasi dan rasa tidak nyaman selama periode menstruasi, Yoona mendorong pihaknya untuk menyediakan produk yang solutif untuk mengatasi masalah iritasi, bau, dan lembab sebagai beberapa elemen tidak nyaman saat menstruasi, mengingat bahwa pembalut yang tipis dan lentur sudah cukup umum sehingga perlu adanya nilai tambah yang bermanfaat bagi konsumen.

3. Yoona hadir sebagai solusi untuk perempuan

Bebas Iritasi dengan Yoona, Pembalut Organik Berbahan Cotton 100%instagram.com/yoonawomen

Menyadari terbatasnya edukasi terpercaya seputar topik menstruasi, Yoona berusaha mengedukasi para perempuan di Indonesia melalui pesan Never Settle for Less. Sebuah pesan yang mengingatkan bahwa perempuan berharga dan berhak mendapatkan yang terbaik dengan meluncurkan pembalut organik bebas iritasi berbahan 100% organic cotton dengan teknologi anion strip

“Kami melihat female wellness it’s a journey, jadi itu bukan instant result yang bisa kita dapatkan, dan setiap journey perempuan itu beda-beda. Kami merasa bahwa female journey it’s important dan itu unik untuk setiap wanita. Dari journeynya itu, kita memulai journeynya Yoona di Indonesia,” ungkap Susanna Angraini, salah satu Founder dan CEO dari Yoona Digital Indonesia. 

4. Apa yang membuat produk Yoona lebih unggul dari yang lain?

Bebas Iritasi dengan Yoona, Pembalut Organik Berbahan Cotton 100%instagram.com/yoonawomen

Sebagai pembalut organik bebas iritasi, Yoona memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya berbeda dari produk kebanyakan, yaitu: 

  • Terbuat dari 100% organic cotton yang terbuat dari material ramah lingkungan generasi terbaru.  
  • Memiliki airlaid and breathable layers, yaitu lapisan dengan daya serap super yang mencegah bocor dan mengunci cairan sehingga permukaan tetap kering dan nyaman. 
  • Dilengkapi dengan anion strip with nano silver pada produknya, Yoona membantu mengurangi bakteri dan jamur penyebab infeksi, iritasi, dan bau.

Untuk saat ini tersedia tiga produk Yoona, yaitu panty liners ukuran 15 cm, day pads ukuran 24.5 cm, dan night pads ukuran 29 cm dengan packaging yang cheerful. Ke depannya, tidak menutup kemungkinan jika akan hadir berbagai varian produk terbaru Yoona lainnya.

5. Pesan Yoona untuk perempuan

Bebas Iritasi dengan Yoona, Pembalut Organik Berbahan Cotton 100%instagram.com/yoonawomen

Di penghujung acara peluncuran yang diadakan secara virtual, Susanna Angraini kembali menuturkan, “Pembalut jadi teman setia kita setiap bulan dan berinteraksi langsung dengan kulit kita saat menstruasi. Maka Yoona menciptakan produk yang Zero Chlorine, Zero Bleach untuk mengurangi resiko iritasi. Sehingga sekarang, wanita Indonesia bisa mendapatkan pengalaman menstruasi yang lebih baik.”

Yoona Period Pads dapat dibeli satuan per pack ataupun dengan cara berlangganan melalui website di yoona.id. Adapun untuk mendukung peningkatan literasi menstruasi dan kesehatan wanita, Yoona juga aktif membagikan konten edukasi menarik melalui laman instagramnya @yoonawomen.

Bebas Iritasi dengan Yoona, Pembalut Organik Berbahan Cotton 100%www.instagram.com/yoonawomen

Untuk kasus sederhana, mengalami gatal pada area kewanitaan selama periode menstruasi dapat diatasi dengan mengganti pembalut yang kamu gunakan secara berkala, mencoba menggunakan pembalut tanpa pewangi, atau mengganti merek dengan kandungan bahan berbeda. Namun, jika rasa gatal dan perih di area kewanitaan berlanjut, sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter.

Baca Juga: Cegah Iritasi Saat Memakai Pembalut dengan 7 Tips Ini Yuk!

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Kulit Iritasi Akibat Pembalut

Baca Juga: Baik untuk Kesehatan dan Lingkungan, Ini Pembalut yang Patut Kamu Coba