Siapapun pasti tahu bahwa rambut merupakan mahkota perempuan yang menjadi penyempurna kecantikan. Itulah sebabnya, tak sedikit perempuan yang rutin untuk melakukan perawatan pada rambut demi menjaga keindahan serta kesehatannya. 

Namun, bagaimana jika kerontokkan terjadi dan menyebabkan kebotakan dini? Tentulah hal tersebut menjadi musuh terbesar perempuan. Buat kamu yang mengalaminya atau ingin mencegahnya, ketahui beberapa penyebab kebotakan dini pada perempuan yang akan diulas secara singkat di artikel ini. Baca terus ya, Bela!

1. Genetik

Penyebab kebotakan dini pada perempuan yang pertama disebabkan oleh faktor genetik. Tentu saja, penyebab yang satu ini tak dapat dihindari karena gen tersebut didapat dari orang tua kita. Satu-satunya hal yang dapat kamu lakukan untuk menyeimbangkannya ialah dengan membiasakan diri dengan gaya hidup yang sehat dan melakukan perawatan kulit kepala dari dokter.

2. Ketidakseimbangan hormon

Selain faktor genetik, penyebab kebotakan dini pada perempuan lainnya yang juga sulit untuk dihindari yaitu karena ketidakseimbangan pada hormon. Hal ini sering terjadi pada kaum perempuan saat sedang menstruasi, hamil, bahkan stres. Cara penanganan yang paling aman untuk kamu jalani yaitu dengan memeriksakan langsung ke dokter spesialis kulit kepala.

Kenali 7 Penyebab Kebotakan Dini Pada PerempuanHypebae.com

3. Salah menggunakan produk perawatan rambut

Sama seperti perawatan kulit, pilihlah produk perawatan untuk rambut yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit kepalamu. Karena jika salah memilih produk, maka bukannya terawat, produk yang dibeli malah menjadi penyebab kebotakan dini pada perempuan. Sebelum hendak membeli produk perawatan rambut, sebaiknya kenali dulu dengan baik jenis kulit kepala serta permasalahannya untuk dapat menemukan produk perawatan rambut yang tepat.

4. Makanan

Tak disangka, ternyata makanan dapat menjadi penyebab kebotakan dini pada perempuan lho! Tentu saja tak semua jenis makanan, melainkan beberapa jenis makanan tertentu seperti gorengan, makanan dengan kandungan bahan kimia, makanan tinggi gula, dan jenis makanan lainnya. Untuk mencegah kebotakan dini, sebaiknya perhatikan makanan yang hendak kamu konsumsi ya, Bela!

Kenali 7 Penyebab Kebotakan Dini Pada PerempuanMore.com

5. Gaya hidup yang buruk

Jika kamu memiliki beberapa kebiasaan yang buruk, dapat dipastikan hal tersebut menjadi salah satu penyebab kebotakan dini pada perempuan. Beberapa kebiasaan buruk tersebut seperti terlalu sering mengonsumsi alkohol, merokok, begadang, hingga tak menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi.

6. Stres

Siapapun pasti tahu kalau stres merupakan salah satu faktor yang dapat menjadi salah satu penyebab kebotakan dini pada perempuan. Karena stres dapat mengganggu hormon menjadi tidak stabil sehingga menyebabkan banyak kerugian, salah satunya kebotakan yang terjadi. Penting sekali untuk tetap menjaga ketenangan pikiran dengan melakukan kegiatan yang menenangkan seperti yoga, membaca buku, bersantai di rumah, dan kegiatan lainnya.

Kenali 7 Penyebab Kebotakan Dini Pada PerempuanYouTube.com

7. Penyakit

Penyebab kebotakan dini pada perempuan juga dapat disebabkan oleh beberapa jenis penyakit yang diidap seseorang seperti lupus dan kanker. Bagi penderita kanker, kebotakan memang sering terjadi juga dikarenakan kemoterapi yang dilakukan untuk membunuh sel-sel kanker tetapi juga dapat menghancurkan hormon penumbuh rambut.

Nah, setelah menyimak beberapa penyebab kebotakan dini pada perempuan, tentunya kamu pun sudah tak bingung lagi kan dengan masalah yang satu ini. Semoga artikelnya bermanfaat!

Baca Juga: 7 Hair Tonic untuk Rambut Rontok Yang Direkomendasikan