Berganti warna rambut adalah cara mudah untuk setiap orang yang ingin tampil beda karena rambut merupakan penunjang penampilan. Namun seringkali proses pewarnaan yang menggunakan berbagai bahan kimia dapat dengan mudahnya merusak kekuatan dan tekstur rambut. 

Hal tersebut tentunya membuat banyak orang yang berpikir dua kali untuk mengganti warna rambutnya. Supaya nggak pusing, kali ini Popbela menemukan 5 bahan alami yang ternyata bisa menjadi pengganti cat rambut lho. Apa saja ya bahannya? Simak terus artikel di bawah ini ya Bela!

1. Buah bit

Nggak Nyangka, 5 Bahan Alami Ini Bisa Mewarnai Rambutmu Lhohealthline.com

Buat kamu yang ingin mengganti warna rambut menjadi warna kemerahan dengan cool undertone, kamu bisa mencoba buah yang satu ini. Cukup blender buah bit, kemudian campurkan airnya dengan carrier oil dan bisa langsung kamu baurkan pada rambutmu dan tunggu selama 1 jam kemudian bilas hingga bersih.

2. Jus lemon

Nggak Nyangka, 5 Bahan Alami Ini Bisa Mewarnai Rambutmu Lhomedicalnewstoday.com

Air lemon ternyata bisa menjadi pengganti bleaching lho, karena mengandung asam yang sangat kuat, air lemon bisa melunturkan warna rambutmu perlahan. Walau prosesnya cukup lama dan harus menunggu beberapa hari, tetapi risiko kerusakan rambut lebih minim jika dibandingkan dengan bleaching kimia. Untuk mengaplikasikannya, kamu cukup memasukkan air lemon ke dalam botol spray kemudian semprotkan ke rambutmu sehari sekali.

3. Henna

Nggak Nyangka, 5 Bahan Alami Ini Bisa Mewarnai Rambutmu Lhohennahennabodyart.com

Nah, kalau yang ini siapa sih yang nggak tahu? Henna terbuat dari tumbuhan tradisional yang sudah dipercayain untuk mewarnai rambut atau membuat tato. Henna sangat cocok untuk kamu yang menyukai warna rambut vibrant karena Henna sangat pigmented dan juga memiliki ketahanan yang cukup lama.

4. Wortel

Nggak Nyangka, 5 Bahan Alami Ini Bisa Mewarnai Rambutmu Lhomedium.com

Warna oranye kemerahan dari sayur wortel bisa mengubah warna rambutmu dengan kandungan vitaminnya yang juga dapat menutrisi rambutmu. Cara penggunaannya, hancurkan wortel, campurkan airnya dengan minyak kelapa kemudian aplikasikan pada seluruh rambut dan tunggu 1 jam kemudian bilas menggunakan cuka apel. Lakukan ulang jika warna belum sesuai yang diinginkan.

5. Kopi

Nggak Nyangka, 5 Bahan Alami Ini Bisa Mewarnai Rambutmu Lhotjori.com

Dapat memberikan warna rambut yang gelap hingga dapat menutupi warna uban, kopi memang dipercaya dapat menjadi pengganti cat warna. Selain itu kamu bisa jadikan sebagai masker rambut juga lho. Penggunaannya sangat mudah, kamu cukup mencampurkan bubuk kopi dengan kondisioner yang biasa kamu gunakan. Lakukan secara rutin ya!

Itu dia 5 bahan alami yang dapat mewarnai rambutmu tanpa membuatnya rusak. Karena alami, maka warnanya pun lebih soft dan kurang tahan lama dibandingkan dengan cat rambut pada umumnya. Namun, nggak salah untuk mencoba di rumah.

Baca Juga: Agar Warna Rambut Tahan Lama, Ikuti 7 Cara Ini Yuk!